Perekat Rakyat Sulteng.

Narkoba Mengintai Pelajar di Palu

12

SULTENG RAYA-Tingkat penyalahgunaan narkoba di Kota Palu semakin memprihatinkan, tercatat selama kurun waktu tahun 2018-2019, sebanyak 181 siswa menggunakan barang haram tersebut. Lebih mengkhawatirkan lagi, justru didominasi oleh siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Sendikat narkoba menjadikan pelajar sebagai sasaran pasar mereka, mereka terus mengintai pelajar di Kota Palu,”ungkap salah seorang Penyuluh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota, Pelman, saat mengisi materi di hadapan puluhan peserta Latihan Dasar Kepemimpinan ( LDK ) SMPN 6 Palu. Sabtu (9/11/2019).

Menurutnya, konsumsi narkoba di kalangan pelajar ini sebagai persoalan serius. Sekalipun menciptakan kondisi pelajar terbebas sempurna dari narkoba bukan perkara gampang, harus ada upaya terus menerus dilakukan, salah satunya memberikan pemahaman kepada peserta didik akan bahanya dampak negatif dari narkoba.

Untuk itu kata Pelman, pelajar harus bisa mewaspadai diri agar tidak terjerumus menjadi bagian dari penyalahguna narkoba. Seberat apapun masalah yang tengah dihadapi jangan sekali-kali lari ke Narkoba. Sebab narkoba tidak akan menyelesaikan persoalan melainkan hanya menimbulkan persoalan baru.

Baik itu kesehatan, keuangan maupun bisa menjurus pada kriminalitas, sebab jika berkeinginan menggunakan sementara uang sudah tidak punya, maka satu-satunya cara adalah menjadi pencuri atau perampok dan begal. “Jangan heran, jika ada anak-anak usia pelajar jadi begal dan pencuri, bisa jadi karena pengaruh narkoba itu,”ungkap Pelman.

Belum lagi katanya, masa depan orang-orang seperti ini sudah dipastikan akan suram, karena masyarakat masih belum bisa menerima orang-orang seperti itu. Semua lapangan kerja saat ini dipastikan tidak akan menerima penyalahguna narkoba, bahkan menjadikan bebas narkoba sebagai salah satu persyaratan utama penerimaan tenaga kerja.

“Jangan coba-coba menjadi penyalahguna, jika ada beban atau masalah silahkan ceritakan ke guru, atau keteman-teman terdekat yang bisa dipercaya, jangan lari ke narkoba, kasian kalian nanti, jangan ikut-ikutan teman-teman yang nakal,”pesan Pelman.  AMI

Leave A Reply

Your email address will not be published.