Perekat Rakyat Sulteng.

BKKBN Sulteng Menobatkan Ayah GenRe Hingga Desa

PERTAMA KALI DI INDONESIA

77

SULTENG RAYA – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tengah terus mengupayakan peningkatan sosialisasi dan promosi program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK), khususnya program generasi berencana (GenRe).

Salah satunya, melalui pengukuhan dan penobatan Ayah GenRe hingga ke tingkat desa.

“Hari ini (Jumat), kami menobatkan Kepala Desa Bajugan menjadi Ayah GenRe Bajugan dan Kepala Desa Lantapan sebagai Ayah GenRe Lantapan,” ujar Kepala Sub Bidang Bina Ketahanan Remaja (Subbid BKR) Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tengah, Latifah A Djibran pada kegiatan pengukuhan ayah bunda GenRe di Desa Bajungan, Kecamatan Galang, Kabupaten Buol, Jumat (18/10/2019).

Penobatan Ayah GenRe pada kedua desa di Kecamatan Galang itu merupakan pertama kalinya dilakukan di Indonesia.

“Ini pertama kalinya, BKKBN menobatkan Ayah GenRe di tingkat desa. Sebelumnya, hanya di tingkat kabupaten,” kata Latifah.

Meurutnya, remaja sangat memerlukan motivator, panutan dan teladan, sehingga kehadiran Ayah GenRe secara berjenjang dari provinsi hingga ke desa dapat menjadi solusi.

“Ayah GenRe dapat menginspirasi remaja untuk merencanakan masa depannya,” katanya.

Sebelumnya, BKKBN Sulteng telah menobatkan Ayah atau Bunda GenRe di Kota Palu, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Sigi, Kabupaten Poso, Kabupaten Tojo Unauna, Kabupaten Morowali, Kabupaten Morowali Utara dan Kabupaten Buol.

Berdasarkan data survei Demografi dan Kependudukan Indonesia (SDKI) 2017, usia kawin pertama (UKP) Provinsi Sulawesi Tengah  kini telah mencapai 20,19 tahun. Namun, belum mencapai tahap ideal, yaitu 21 tahun.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulteng dalam sambutan dibacakan Kepala Bidang Pengendalian Penduduk La Ode Dia, mengatakan, remaja sangat membutuhkan sosok atau figur yang dapat menjadi panutan, sehingga kehadiran Ayah atau Bunda GenRe dinilai sebagai salah satu solusi yang tepat.

“Semoga kehadiran Ayah/Bunda GenRe dalam lingkungan remaja dapat menjadi vitamin dalam menata masa depannya terutama menyiapkan generasi muda untuk menjadi pasangan yang ideal, harmonis dan bisa mengimplementasikan delapan fungsi keluarga” ujarnya.*/HGA

Leave A Reply

Your email address will not be published.