Perekat Rakyat Sulteng.

Hidayat Bicara Penguatan Nilai Budaya Kaili

Jadi Narasumber Diklat Risma

34

SULTENG RAYA – Wali Kota Palu, Hidayat menjadi narasumber kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) kepemimpinan dasar Remaja Islam Masjid (Risma) Kota Palu 2019 di aula wisma alam raya, Jalan Pue Bongo, Kelurahan Boyaoge, Kecamatan Tatangan, Sabtu (12/10/2019).

Pada kesempatan itu, Wali Kota Hidayat menyampaikan materi tentang ‘mengenal adat, budaya kaili dan nusantara’ sebagai upaya meneguhkan komitmen beragama, berbudaya dan bernegara bagi para anggota Risma.

Hidayat mengatakan, budaya dalam konteks nilai dimiliki masyarakat Kota Palu yang notabene bersuku Kaili adalah nilai kekeluargaan, toleransi dan kegotongroyongan. Ketiganya, kata dia, merupakan nilai dasar Pancasila.

Demi menjaga nilai-nilai budaya yang kian hari kian tergerus akibat perkembangan zaman, maka Pemerintah Kota (Pemkot) Palu telah membentuk lembaga adat di Kota Palu. Lembaga Adat berperan menjaga hubungan manusia dengan manusia dan hubungan manusia dengan alam.

“Oleh karena itu, perlunya saat ini kita kuatkan nilai budaya kita dan kuatkan lembaga adat kita yang akan menjaga nilai-nilai tadi,” kata Hidayat.

Melalui kesempatan itu, Wali Kota Hidayat juga meminta agar para anggota Risma bisa menjadi penyambung informasi sekaligus aktif meng-counter hoaks. Salah satunya, mengenai isu atau informasi menyimpang penanganan bencana setahun lalu.

“Bayangkan saja, akibat editan-editan video yang tidak jelas itu berdampak  dunia mengutuk kita bahwa Palu bejat moralnya,” katanya.

Ia berharap, melalui Diklat kepemimpinan dasar Risma Kota Palu 2019 tersebut, menjadi salah satu sarana dan upaya meningkatkan iman dan taqwa sebagai salah satu misi Pemkot Palu.HGA

Leave A Reply

Your email address will not be published.