Perekat Rakyat Sulteng.

AKD DPRD Kota Palu Terbentuk

53

SULTENG RAYA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu menggelar rapat paripurna untuk pembentukan dan penetapan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di ruang sidang utama Kantor DPRD Kota Palu, Selasa (8/10/2019).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Palu, Moh. Ikhsan Kalbi didampingi Wakil Ketua I, Erman Lakuana dan Wakil Ketua II, Rizal tersebut telah mendistribusikan seluruh anggota fraksi ke dalam AKD yang terdiri dari Komisi, Badan Anggaran (Banggar), Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), Badan Kehormatan (BK), dan Badan Musyawarah (Banmus).

Untuk komposisi Komisi A yang membidangi pemerintahan, politik, hukum dan kesejahteraan rakyat,  diketuai oleh Mutmainah Korona dari fraksi Nasdem, wakil ketua dijabat oleh Zainal dari fraksi Demokrat, dan sekretaris dijabat oleh Astam Abdullah dari fraksi Gerindra.

Komisi B yang membidangi perekonomian dan keuangan diketuai oleh Ridwan Basatu dari fraksi Hanura, wakil ketua dijabat oleh Thompa Yotokodi dari fraksi Gerindra, dan sekretaris dijabat oleh Ratna Mayasari Agan dari fraksi Amanat Indonesia (gabungan PAN dan Perindo).

Sementara komposisi Komisi C yang membidangi pembangunan diketuai oleh Anwar Lanasi dari fraksi Gerindra, wakil ketua dijabat oleh Nanang dari fraksi PKB, dan sekretaris dijabat oleh Muslimun dari fraksi Nasdem.

Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) diketuai oleh Farden Saino dari fraksi Golkar dan wakil ketua Bapemperda dijabat oleh Rizki Hardianti Ramadani dari fraksi Demokrat. Sementara untuk Badan Kehormatan (BK) dipimpin oleh Nasir Dg Gani dari fraksi PKB dan didampingi wakil ketua Irsan Satriya dari fraksi Hanura.

Untuk komposisi Badan Anggaran (Banggar) dan Badan Musyawarah (Banmus) ex officio dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Palu.

Ketua Komisi A terpilih, Mutmainah Korona mengatakan, komisi yang dipimpinnya akan bermitra dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berhubungan langsung dengan masyarakat terdampak bencana, sangat membutuhkan kepastian hukum, pemenuhan hak dasar dan rasa aman.

Di Komisi A juga sangat berkorelasi dengan isu perempuan dan anak, dimana ada banyak hal yang harus dikerjakan bersama. Apalagi situasi perempuan dan anak menjadi perhatian utama pascabencana alam.

“Saya bersama kawan-kawan Komisi A akan bekerja semaksimal mungkin untuk mewujudkan pembangunan Kota Palu kedepan. Kita akan bermitra dengan eksekutif sepanjang niat untuk memperbaiki kebijakan dilakukan. Ini tergantung komitmen politik yang baik, dan akan ada beberapa insiatif Perda yang akan kami dorong di Komisi A,”ujar Mutmainah Korona, Selasa (8/10/2019).

Politisi Nasdem ini juga mengatakan, akan melakukam analisis anggaran secara detail untuk melihat efesiensi dan dampak yang terbaik bagi pembangunan Kota Palu yang responsif gender dan berbasis kinerja.

Sementara itu, Ketua Komisi B, Ridwan Basatu mengucapkan terima kasih kepada semua anggota Komisi B yang telah memberikan dan mempercayakan amanah kepada dirinya.

“Semoga amanah ini dapat dijalankan dengan penuh rasa tanggung jawab dan bisa membangun kerja sama yang baik dalam menjalankan fungsi-fungsi kedewanan,”ujarnya.

Hal senada diungkapkan oleh Ketua Komisi C, Anwar Lanasi yang mengatakan, dirinya akan membangun konsolidasi secara internal di Komisi serta mempersiapkan rencana kegiatan sebelum pembahasan RKA bersama mitra kerja komisi C DPRD Kota Palu. WAN

Leave A Reply

Your email address will not be published.