Perekat Rakyat Sulteng.

Sinergitas Guru Dan Ortu

Kunci Pencegahan Narkoba di Kalangan Pelajar

15

SULTENG RAYA-Menghadapi kejahatan narkoba khususnya di kalangan generasi muda dan pelajar membutuhkan keseriusan sinergitas guru dan orang tua dalam hal pengawasan.

Pengawasan setiap peserta didik, baik saat di sekolah maupun saat berada di rumah membutuhkan keseriusan. Mengingat tidak sedikit peserta didik saat ini terpapar narkoba, baik itu jenis sabu maupun jenis lainnya diawali karena lemahnya pengawasan.

“Pengawasan itu perlu diperketat, jangan memberikan ruang yang terlalu luas, karena sama halnya kita membukakan pintu masuk sendikat untuk merusak generasi kita,”ungkap salah seorang penyuluh BNN Kota Palu, Yamin, usai mengisi Diseminasi Informasi P4GN di SMPN 1 Palu. Sabtu (6/10/2019).

Untuk itu kata Yamin, guru dan orang tua butuh kerjasama dan sinergitas yang baik. Tidak cukup jika persoalan anak hanya diserahkan kepada salah satu pihak, baik itu kepada sekolah dalam hal ini guru, begitu juga sebaliknya hanya diserahkan kepada orang tua.

Mengingat kedua-duannya memiliki peran penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, termasuk dalam hal tanggungjawab menyelamatkan dari pengaruh negatif narkoba.

Salah satu bentuk pengawasan yang perlu dilakukan oleh guru kata Yamin, adalah dalam bentuk komunikasi yang intens. Memberikan perhatian yang serius kepada setiap peserta didik, menunjukan empati yang begitu dalam setiap permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik.

“Jangan dihakimi saat berbicara, cobalah untuk memahaminya, dengan begitu mereka merasa mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari gurunya,”ungkap Yamin.

Jika seorang peserta didik sudah merasa nyaman dan aman jika berkomunikasi dengan salah seorang gurunya, yakinlah setiap permasalahan yang mereka hadapi pasti akan mereka komunikasikan ke guru tersebut.

Dengan demikian, guru mewakili pihak sekolah dapat mengetahui setiap permasalah yang mereka hadapi, sehingga bisa dicarikan solusi sebelum mereka mencari solusi dengan cara yang keliru, seperti mencari solusi ke komunitas yang salah, karena salah satu penyebab kontaminasi narkoba diawali dari pergaulan yang salah.

Begitu juga dengan orang tua, harus bisa meluangkan waktu yang berkualitas dengan anak, memberikan perhatian yang utuh dan tidak terbagi, bahkan jika perlu sesekali memberikan pujian keanak, berikan kasih sayang cukup.Selain itu, terapkan aturan yang jelas, ketika aturan yang diterapkan dilanggar, pastikan terdapat konsekuensi yang jelas dan bisa diterima.

Sebelumnya, diseminasi informasi P4GN tersebut dilaksanakan di SMPN 1 Palu, dihadiri oleh orang tua peserta didik yang tergabung dalam Molibu SMPN 1 Palu, dan juga sejumlah peserta didik dengan tema “Bergandengan Tangan Bersama Molibu Peserta Didik SMP Negeri 1 Palu Untuk Mencegah Penyalahgunaan Narkoba Di Tingkat SMP”. AMI

Leave A Reply

Your email address will not be published.