Perekat Rakyat Sulteng.

Yasin Mangun Maju di Pilkada Poso

128

SULTENG RAYA – Salah seorang kandidat, Yasin Mangun digadang-gadang bakal meramaikan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Poso pada 2020 mendatang.

Yasin Mangun mengaku, siap bertarung sebagai calon wakil Bupati Poso jika mendapat dukungan dari masyarakat maupun partai pengusung.

Kepastian sosok intelektual muda Poso itu, bakal maju sebagai salah satu kandidat dengan posisi  02 terungkap, saat yang bersangkutan usai mendaftarkan dirinya pada pihak Badan Seleksi (Bansel) bakal calon (Balon) bupati dan wakil Bupati Poso, DPC Partai Gerindra Kabupaten Poso, Ahad (29/9/2019).

Walaupun tidak merinci secara jelas alasan untuk maju sebagai 02 Poso, namun mantan ketua KPU Poso ini menyatakan kemantapan dirinya mengambil Posisi 02 dalam perhelatan akbar Pilkada Poso tahun 2020 mendatang. “Setelah menerima masukan serta berbagai pertimbangan yang ada, kami akan siap maju sebagai calon wakil Bupati Poso,” kata Yasin Mangun.

Lanjut Yasin, terkait kesiapan dirinya untuk tampil meramaikan bursa calaon pada Pilkada Poso, juga tidak terlepas dari hasil survey yang ada nantinya serta dukungan partai yang bakal mengusungnya. “Olehnya, kami berharap partai-partai dimana kami mendaftar, akan memberikan dukungan penuh terhadap niat kami yang tulus, untuk membangun tanah Poso kedepan,” jelasnya.

Diketahui, sebelumnya Yasin telah mendaftarkan dirinya untuk maju pada Pilkada Poso tahun 2020, melalui PDI Perjuangan Kabupaten Poso. Dengan sendirinya, saat ini mantan aktivis era 90-an itu telah mendaftar di dua partai.

Sementara, Ketua Bansel Pilkada Poso DPC Partai Gerindra Poso, Hidayat Bungasawa menyatakan, telah ada lima bakal calon yang mendaftar melalui partainya. Namun yang mendaftar sebagai calon wakil Bupati Poso baru satu orang. “Yang jelas baru saudara Yasin Mangun yang mendaftarkan dirinya maju sebagai calon wakil Bupati Poso,” jelasnya.

Ditambahkan Hidayat, pihaknya mempunyai mekanisme terkait proses penjaringan Balon. Dimana untuk pengembalian berkas dibatasi hingga tanggal 5 Oktober 2019 mendatang.

Selanjutnya kata Hidayat, para kandidat balon akan diminta menyampaikan visi-misi yang rencananya akan digelar di salah satu hotel di Poso nantinya. “Yang jelas partai akan memberikan ruang sama kepada semua balon. Jadi  semua balon punya peluang yang sama atau  fifty-fifty,” ucapnya. SYM

Leave A Reply

Your email address will not be published.