Perekat Rakyat Sulteng.

Rektor Harap Program Sea Teacher Terus Berlanjut

16

SULTENG RAYA- Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, Dr Rajindra, melalui Wakil Rektor 1 Dr Rafiuddin Nurdin berharap, program sea teacher hasil kerjasama dengan SEAMEO terus berlanjut, karena memiliki banyak manfaat.

Diantaranya, secara tidak langsung terjadi pertukaran budaya dan sekaligus adanya transformasi pengetahuan baru bagi mahasiswa, dan ini akan memperkaya keilmuan mahasiswa. “Transformasi itu akan mengantarkan peradaban yang lebih baik lagi, terutama saat ini kualitas SDM menjadi tuntutan kemajuan zaman 0.4,”jelas Warek 1. Senin (9/9/2019).

Dimana di zaman ini Perguruan Tinggi dituntut melahirkan alumni yang berkualitas, disinilah pentingnya sebuah institusi yang bisa melahirkan alumni yang berkualitas. Budaya dan literasi perlu ditingkatkan terutama pendalaman secara kritis dan sistematis.

Selain itu, kerjasama berbagai lembaga juga menjadi bagian dari ikhtiar meningkatkan SDM lulusan, SEAMEO melalui program sea teacher dinilai sebagai bagian dari jawaban peningkatan SDM lulusan. “Inilah pentingnya kerjasama berbagai lembaga untuk melahirkan SDM yang cerdas akademik, ekomosional, dan spriritual,”jelasnya lagi.

Program sea teacher sendiri adalah salah satu bentuk program pertukaran mahasiswa tingkat Internasional. Ini adalah tahun kedua diikuti oleh Unismuh Palu, khususnya Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Dimana tahun ini mengirim sebanyak tiga orang mahasiswanya praktek mengajar ke Filipina, meningkat satu orang dari tahun sebelumnya. Sementara Filipina, tahun ini juga kembali mengirim mahasiswanya sebanyak dua orang ke Unismuh Palu, jumlah yang sama ditahun sebelumnya.

Ia berharap, kedepan lebih banyak lagi MoU-MoU yang dilahirkan, baik itu bersifat akademis maupun non akademis untuk membangun Sumber Daya Manusia unggul.  “Terimakasih juga kepada Dekan FKIP yang sudah mengirim mahasiswanya ke Filipina. Kedepan diharapkan lebih banyak lagi pengiriman mahasiswanya,”harap warek. AMI

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.