Perekat Rakyat Sulteng.

APLIKASI MOBILE JKN MUDAHKAN PESERTA JKN KIS

39

Jamkesnews, Palu – Di era yang serba digital sekarang ini, membuat semuanya menjadi serba cepat, mudah dan instant, Internet seakan-akan menjadi kebutuhan primer. Era digital adalah masa dimana manusia telah melek teknologi dan semuanya serba terkoneksi.

Cepatnya arus perubahan membuat BPJS Kesehatan telah meluncurkan aplikasi Mobile JKN yang dapat dimanfaatkan oleh peserta JKN KIS untuk mempermudah pengelolaan kepesertaannya melalui media smartphone yang dapat di download secara gratis.

Fahrul Mahmudi, PNS sejak tahun 2011 adalah peserta JKN KIS yang sehari harinya bekerja di Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tengah. Ia telah merasakan manfaat mobile JKN. Awalnya Fahrul mendatangi  kantor BPJS Kesehatan dan ingin mengurus pindah fasilitas kesehatannya dikarenakan fasilitas kesehatan yang sebelumnya  terdampak bencana gempa yang menghantam kota Palu , September 2018 lalu.

‘Saya senang bisa memindahkan fasilitas kesehatan sesuai dengan keinginan saya sendiri dan tanpa mengantri lagi, sudah seharusnya semua fasilitas pelayanan publik memberikan pelayanan mandiri seperti ini’ tutur Fahrul saat ditemui Tim Jamkesnews (09/01).

Fahrul menjadi lebih tertarik lagi mendalami aplikasi Mobile JKN setelah mengetahui bahwa fitur fitur di dalamnya selain untuk mengubah data faskes, juga bisa dilakukan untuk mendaftar dan mengubah data kepesertaan, mengetahui informasi data peserta dan keluarga,  mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran,  mendapatkan pelayanan di Faskes, dan yang terakhir adalah kemudahan menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi seputar JKN-KIS. 

Selain 5 kemudahan yang ditawarkan oleh Aplikasi Mobile JKN ini, ada juga 14 fitur dalam aplikasi ini yang seluruhnya dapat diakses oleh Peserta JKN-KIS pada gadget-nya masing-masing.

‘Saya akan menginformasikan ke teman teman kantor saya, karena saya merasa Aplikasi Mobile JKN ini layak untuk diketahui seluruh peserta JKN – KIS karena sebenarnya mereka dipermudah oleh kecanggihan teknologi saat ini’ tutup Fahrul.

Selain melalui Aplikasi Mobile JKN, BPJS kesehatan juga memiliki Care Center yang fungsinya sebagai sarana teleconsulting yamg  dapat di akses oleh peserta JKN-KIS di nomor telepon 1500-400 yang fungsinya hampir sama dengan Mobile JKN.(tm/fc)

Leave A Reply

Your email address will not be published.