Perekat Rakyat Sulteng.

Rizal Dg Sewang, Peraih Suara Terbanyak Pemilu 2019

38

SULTENG RAYA – Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Palu, Rizal Dg Sewang, berhasil meraih suara terbanyak pada Pemilu 2019. Rizal yang maju sebagai caleg dari Dapil Palu Barat – Ulujadi ini meraup sebanyak 2.345 suara pribadi.

Pencapaian tersebut tentu saja di luar dugaan banyak pihak. Pasalnya, di periode pertama, Rizal duduk di DPRD Kota Palu hanya sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) Almarhum Muhammad Ali Lamu.

Sempat dicibir dan tidak diperhitungkan di awal karirnya sebagai anggota DPRD Kota Palu, bahkan haknya sebagai Ketua Komisi A pada waktu itu harus direlakan kepada ‘senior’ yang lebih dulu dilantik.

Sebagai anggota DPRD Kota Palu termuda periode 2014-2019, Rizal berhasil membuktikan diri sebagai wakil rakyat yang sesungguhnya. Dia hadir untuk melayani, bekerja secara ikhlas menjalankan amanah dan tanggungjawabnya sebagai wakil rakyat.

Rizal yang ditemui media ini disela-sela geladi pelantikan DPRD Kota Palu periode 2019-2024, Ahad (8/9/2019) mengatakan, bahwa nilai elektoral yang didapatkanya sebagai bentuk penghargaan masyarakat kepadanya yang terus memegang teguh semboyan PKS, yaitu berkhidmat untuk rakyat.

“Yang terpenting itu sebenarnya bekerja ikhlas, mau dipilih atau tidak itu kita serahkan kepada masyarakat. Tugas kita hanya kerja menjalankan amanah dan tanggungjawab kepada masyarakat yang kita wakili. Karena kita sebagai corong mereka di DPRD, maka kita harus maksimal dalam melayani, meskipun masih banyak keinginan masyarakat yang belum bisa kita penuhi. Paling tidak, kita kerja semaksimal mungkin,” ujar pria kelahiran Palu, 4 Maret 1982 ini.

Menurut mantan Ketua KAMMI Daerah Sulteng ini, yang membuat dia bisa istiqomah hingga saat ini, karena menganggap jabatan anggota DPRD bukan kehormatan, tetapi amanah dan tanggungjawab kepada Allah SWT.

“Sumpah itu kita ucapkan untuk mengingatkan kita tentang tanggungjawab kepada masyarakat, bangsa dan Negara. Tetapi tanggungjawab yang lebih tinggi dari itu adalah tanggung jawab kepada Allah SWT, tuhan yang maha melihat,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Rizal juga mengaku bahwa selama proses kampanye Pileg 2019, dirinya tidak membentuk tim sukses, tetapi hadir langsung berkomunikasi dengan masyarakat. Karena baginya, sebagai anggota DPRD, informasi di masyarakat sangat dibutuhkan. Anggota DPRD harus hadir sebagai solusi dan menebar manfaat kepada masyarakat. 

“Saya selalu memegang prinsip ‘khoirunnas anfa’uhum linnas’, sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain. Hasil pileg ini, sebagai penghargaan masyarakat atas kerja-kerja kita.Karena berbeda orang yang berbuat baik karena ingin dipilih dengan orang berbuat baik karena tanggungjawab. Kita bekerja ini bukan karena mau dipilih, PKS itu hadir berkhidmat untuk rakyat,” ujarnya.

Tak hanya sukses meraih suara terbanyak pada Pemilu 2019, Rizal Dg Sewang juga digadang-gadang akan menduduki Wakil Ketua II DPRD Kota Palu.

“Katanya seperti itu, tapi saya belum lihat SK itu secara langsung,” ujarnya. WAN

Leave A Reply

Your email address will not be published.