Perekat Rakyat Sulteng.

452 Jemaah Sulteng Tiba di Palu

INFO HAJI 2019

19

SULTENG RAYA – Sebanyak 452 Jemaah haji Sulawesi Tengah yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) BPN-7 tiba di Palu, Ahad (8/9/2019).

Jemaah haji yang diterbangkan langsung menggunakan pesawat carter dari Balikpapan itu, diterima langsung Wakil Gubernur Sulteng, H Rusli Dg Palabbi bersama Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, H Rusman Langke di Asrama Haji Transit Palu.

Dalam sambutannya, Kakanwil H Rusman Langke, mengatakan, penyelenggaraan haji 1440 Hijriah, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji  (PPIH) Sulteng telah melakukan upaya maksimal guna memberikan pelayanan, keamanan dan kenyamanan kepada seluruh jemaah  haji. Tujuannya, agar para jemaah  dapat melaksanakan ibadah sebaik-baiknya.

“Dengan harapan, semoga seluruh jemaah  yang telah diberangkatkan dapat kembali ke tanah air menjadi haji mabrur dan mabrurah,” kata Kakanwil H Rusman Langke.

Ia menerangkan, jumlah jemaah  calon haji (JCH) Sulteng 1440 Hijriah terdiri dari 5 kloter, yakni kloter BPN-7, BPN-8, BPN-9, BPN-10 dan BPN-11 telah diberangkatkan ke Arab Saudi melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah sebanyak 2.233 orang, terdiri dari 2.208 jemaah  dan 25 petugas kloter.

Guna membantu petugas kloter, kata dia, Gubernur Sulteng, Longki Djanggola telah menetapkan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) sejumlah 12 orang, yakni 6 orang bidang layanan umum, 5 orang bidang pelayanan ibadah dan 1 Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD).

“Jumlah jemaah haji Sulawesi Tengah tahun 1440 Hijriah yang akan diproses kepulangannya melalui Debarkasi Haji Balikpapan sebanyak 2.226 orang, terdiri dari 2.201 jemaah  dan 25 petugas kloter. Tujuh orang jemaah haji tidak dapat kembali ke tanah air karena wafat di Arab Saudi, yakni 3 orang dari Kabupaten Banggai Laut, 2 orang dari Kota Palu, 1 orang dari kabupaten Tojo una-una dan 1 orang dari Kabupaten Donggala,” ucapnya.

 

PEMULANGAN HINGGA 12 SEPTEMBER

 

Berdasarkan agenda PPIH Sulteng, proses pemulangan jemaah haji dari Balikpapan ke Kota Palu dimulai pada 8 September 2019 sampai 12 September 2019 menggunakan maskapai penerbangan Lion Air. Penerbangan dari Balikpapan ke Palu terbagi dalam tiga trip penerbangan setiap hari selama pemulangan.

H Rusman mengatakan, pemulangan jemaah haji tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya, pemulangan jemaah  haji hanya menggunakan dua pesawat charter, sisa jemaah tidak terangkut harus diangkut dengan penerbangan reguler. Kondisi itu membuat waktu kedatangan jemaah haji di Kota Palu terpisah jauh.

“Pemulangan haji tahun ini dari Balikpapan ke Palu menggunakan full charter untuk tiga penerbangan, yaitu trip 1, trip 2 dan trip 3. Dengan demikian, semua jemaah dan barang-barang bawaan jemaah  tetap dipulangkan ke Palu dalam selisih waktu yang tidak terlalu jauh terpisah, sebagaimana tahun sebelumnya,” jelas H Rusman.

Sementara itu, melalui Wagub H Rusli Dg Palabbi, Gubernur Longki Djanggola mengapresiasi kinerja PPIH Sulteng telah memberikan peningkatan kualitas pelayanan haji dari tahun ke tahun.

“Semoga dapat dipertahankan dan ditingkatkan pada tahun berikutnya,” kata Wagub H Rusli.

Ia berharap, haji dan hajjah menjadi panutan dan suri tauladan dalam tutur kata dan perbuatan, baik di lingkungan keluarga, tetangga dan di lingkungan masyarakat luas.

“Insya Allah, bapak dan ibu bisa menjaga kemabruran haji yang baru dilaksanakan ini, yang akan terlihat dari tingkah laku dan perubahan sikap. Juga diharapkan  mampu  memberikan  kontribusi positif, safaat dan manfaat dalam menciptakan  perdamaian  dan  keamanan  di tengah masyarakat dan lingkungannya, yang dapat menunjang penyelenggaraan pemerintahan dan peningkatan pembangunan di Provinsi Sulawesi Tengah ini,” ucapnya.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Biro Administrasi Kesejahteraan Sosial dan Kemasyarakatan Setda Prov Sulteng, Hj Sitty Hasbia N Zaenong, Bupati Banggai Laut, Hi Wenny Bukamo, Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Sulteng, H Moh Ramli. HGA

Leave A Reply

Your email address will not be published.