Perekat Rakyat Sulteng.

176 Tokoh Agama di Banggai Terima Insentif

30

SULTENG RAYA – Sebanyak 176 tokoh agama di Kabupaten Banggai, menerima insentif (Honor) di rumah jabatan Bupati Banggai, Kecamatan Luwuk, Senin (2/9/2019).

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala BSM, Kepala Departemen Agama Banggai, para Kabag dan perwakilan OPD lainnya.

Kabag Kesra mengatakan, tokoh agama sebagai leading sektor dari kemajemukan beragama, bertanggung jawab atas perbedaan agama dan kedamaian beragama di Kabupaten Banggai.

“Kita semua harus berkomitmen terhadap pemerintahan saat ini, dikarenakan Bupati Banggai dan Wakil Bupati Banggai dalam pemerintahannya telah memprogramkan proses pemberangkatan Jamaah Haji melalui Palu tanpa pungutan biaya, memberangkatkan beberapa imam per tahun untuk umroh dan meningkatkan insentif imam pendeta pemangku dan pandita,” katanya.

Sementara, Bupati Banggai Ir. H Herwin Yatim menegaskan, apabila memungkinkan di tahun-tahun berikutnya insentif tokoh agama baik itu imam, pendeta, pemangku dan Pandita akan dinaikkan pada tahun depan, karena kehadiran bapak-bapak sebagai tokoh agama berpengaruh besar terhadap pembangunan karakter moral dan akhlak masyarakat Banggai.

“Saya merasakan kehadiran tokoh-tokoh agama sangat luar biasa pengaruhnya dalam pembangunan mental dan karakter masyarakat Kabupaten Banggai, karenanya pemerintah pada tahun ini mengalokasikan sebesar 20 M untuk anggaran hibah yang didalamnya mengakoomodir kepentingan tokoh-tokoh agama berupa bantuan rumah ibadah, insentif tokoh agama dan organisasi kemasyarakatan lainnya,” jelasnya.

“Marilah kita sebagai pemerintah untuk terus membina silaturahmi dan kebersamaan bersama tokoh agama, sehingga hubungan pemerintah dan tokoh agama dan masyarakat terjalin dengan baik, agar kita tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu syara, di bawah ketokohan para imam para pendeta para pemangku dan para pandita marilah kita menyiarkan hal-hal positif, kata-kata damai, terhadap umat agar Kabupaten Banggai yang kita cintai ini menjadi Kabupaten yang aman, tenteram dan damai,” harapnya. BMG

Leave A Reply

Your email address will not be published.