Perekat Rakyat Sulteng.

Wabup dan Dandim Bantu Padamkan Api  

KAHUTLA DI DESA BATU HITAM

35

SULTENG RAYA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banggai bersama Kodim 1308/LB membantu pemadaman api atas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Senin (2/9/2019) di wilayah Koramil 1308-02/Bunta Desa Batu Hitam, Kecamatan Nuhon.

Karhutla tersebut telah mengarah ke wilayah perbatasan di Desa Balingara Kecamatan Ampanan Tete, Kabupaten Tojo Una-Una (Touna).

Pemadaman api dengan menggunakan peralatan tangki semprot racun rumput, parang dan chainsaw itu, dipimpin oleh Dandim 1308/LB Letkol Inf. Nurman Syahreda dan Wakil Bupati (Wabup) Banggai, H. Mustar Labolo yang diikuti anggota Kodim 1308/LB, anggota Koramil 1308-02/Bunta, anggota Polsek Nuhon, pegawai BPBD Banggai, masyarakat Desa Batu Hitam, masyarakat Desa Bangketa serta dibantu masyarakat Desa Balingara Kabupaten Touna yang berjumlah 60 orang dengan memadamkan api secara bergantian.

Dandim 1308/LB, Letkol Inf. Nurman Syahreda mengatakan, pemadaman hutan perkebunan masyarakat dilakukan dengan cara memadamkan api disepanjang jalur api, agar api tidak melebar serta pembuatan jalur pemisah.

“Saat ini tim sudah memadamkan beberapa titik api, namun masih ada yang tertiup angina,” kata Dandim.

Dikatakannya, pemadaman api itu dilakukan oleh tim bersama-sama patroli pembersihan di beberapa titik api, dengan memadamkan api menggunakan semprotan hama, serta pembuatan pemisah agar api tidak menjalar.

Usai pemadaman api, dilanjutkan dengan salat untuk meminta hujan di Masjid perbatasan Desa Balingara. MAM

Leave A Reply

Your email address will not be published.