Perekat Rakyat Sulteng.

Bl Sempurnakan Layanan Sistem Kliring  Nasional Bank Indonesia

16

SULTENG RAYA – Berdasarkan keputusan Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bulanan  April 2019, Bank Indonesia (BI) memperluas kebijakan yang lebih akomodatif untuk mendorong permintaan domestik,  salah satunya dengan dengan mendorong efesiensi pembayaran ritel  melalui perluasan layanan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBl). Untuk itu, Bank Indonesia menyempurnakan layanan SKNBI melalui  Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 21/8/PBI/2019 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Bank Indonesia nomor 17/9/PBI/2015 tentang Penyelenggaraan Transfer Dana dan Kliring berjadwal oleh Bank Indonesia, dan ketentuan teknis dalam peraturan Anggota Dewan Gubernur No 21/12/PADG/2O19 tentang penyelenggaraan Transfer Dana dan Kliring berjadwal oleh Bank Indonesia.

Asisten Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah, Indratmoko mengatakan,  penyempurnaan ketentuan bertujuan untuk meningkatkan efesiensi sistem pembayaran Indonesia. Kemudian, memberikan layanan transfer dana yang lebih cepat sejalan dengan kebutuhan masyarakat serta mengakomodasi kebutuhan pengguna, baik individu maupun korporasi  untuk transaksi dengan nilai yang lebih besar.

“Ketentuan ini mulai berlaku 1 September 2019,”ujar Indratmoko, Jumat (30/8/2019).

Dia menyebutkan, untuk kebijakan periode setelmen, saat ini sudah disempurnakan menjadi 9 kali dalam  satu hari untuk layananan transfer dana dan layanan pembayaran regular. Sebelumnya, kata dia, hanya 5 kali dalam satu hari untuk transfer dana serta 2 kali dalam satu hari untuk pembayaran regular.

Dia juga mengatakan, untuk harga SKNBI yang dikenakan peserta kepada nasabah dalam kebijakan baru ini, layanan transfer dana maksimal Rp 3.500,- sementara untuk kebijakan sebelumnya harga yang dikenakan maksimal Rp 5.000,- untuk semua layanan SKNBI. WAN

Leave A Reply

Your email address will not be published.