Perekat Rakyat Sulteng.

35 Pelajar Sumut, Peserta SMN di Sulteng

Tujuh Hari Berjibaku Pelajari Sulteng

34

SULTENG RAYA – Program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) bertajuk Siswa Mengenal Nusantara (SMN) telah mendatangkan sebanyak 35 pelajar dari Sumatera Utara (Sumut). Secara seremonial, pembukaan dilaksanakan pada Jumat (16/8/2019) di salah satu hotel di Kota Palu.

PIC BHUN Sulteng dari PT Indonesia Asahan Aluminium  (Inalum), Indra Welly Arifin dalam sambutannya mengatakan, tujuan program BHUN SMN, untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini melalui pertukaran pelajar. Tercatat, saat ini juga, sebanyak 23 pelajar dari Sulteng telah berada di Sumut untuk menjalankan rangkaian program SMN tersebut.

“Keanekaragaman kekayaan nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung dengan komponen pemerintahan dan masyarakat di lokasi yang dikunjungi. 35 pelajar terpil mewakili Sumut,” ungkapnya.

Ditambahkannya, para peserta efektif menjalankan kegiatan selama tujuh hari. Namun, ditambah lagi selama dua hari untuk eksplorasi spot wisata di Sulteng.

“Kegiatan telah disusun, mereka akan mendapatkan kesempatan untuk mengenal keberagaman di Sulteng dengan mengenal suku, budaya dan tempat mereka di tempatkan. Ada juga kegiatan bela negara,” ujarnya.

Pihaknya berharap para pelajar peserta SMN, ketika selesai mengikuti kegiatan dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan selama mempelajari karakter masyarakat, suku dan budaya di Sulteng.

Sementara itu, mewakili Gubernur Sulteng, Asisten Administrasi Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Sulteng, Bunga Elim Somba mengapresiasi program BHUN SMN yang telah reguler dilaksanakan lima tahun berturut-turut tersebut.

Menurutnya, para peserta dalam menjalankan agenda kegiatan di Sulteng harus menggali keunikan Sulteng dan bisa berbagi informasi dengan siswa dan siswi di sekolah masing-masing.

“Dari pada hanya menonton di media konvensional atau televisi, kalian akan lebih memahami jika datang langsung seperti ini. Saya menitip pesan, program ini juga dapat diperkuat juga karakter, kopetensi, dan kemampuan literasi,” tutur Bunga Elim Somba.

Asisten Deputi PISM II Kementerian BUMN, Harry Purnomo mengatakan SMN saat ini dapat memberikan wawasan sosial budaya, pendidikan, enterprenurship, hingga mengenal BUMN.

“Nanti juga di ajak jalan-jalan ke lokasi wisata dan mencoba kuliner khas Sulteng,” tuturnya. RHT

Leave A Reply

Your email address will not be published.