Perekat Rakyat Sulteng.

Suhu Panas Palu Capai 36 Derajat Celcius

MASIH TERJADI BEBERAPA HARI KEDEPAN

19

SULTENG RAYA – Beberapa hari terakhir, suhu udara di Kota Palu terasa berbeda dari biasanya. Suhu udara terasa lebih panas.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu juga membenarkan, jika suhu panas Kota Palu mencapai 36 derajat celcius.

Bagian Center Forester BMKG Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu, Riza Utami Renggah, mengatakan suhu panas itu terjadi beberapa hari kedepan dengan suhu bervariasi diatas batas normal suhu panas Kota Palu 33 derajat celcius.

“Suhu panas itu terjadi sejak akhir Juli hingga beberapa hari kedepan dengan suhu bervariasi diatas suhu normal 33 derajat celcius,” jelasnya kepada Sulteng Raya, Kamis (15/8/2019).

Menurutnya, kondisi suhu panas itu merupakan dampak dari masa transisi dari musim panas yang dimulai sejak akhir Juli menuju musim penghujan pada September 2019 mendatang.  Ditambah lagi, Kota Palu tidak punya musim.

“Sejak akhir Juli Kota Palu mulai panas. Tapi tidak usah khawatir, itu hanya berlangsung beberapa jam saja,” jelasnya.

Tingginya suhu panas di Kota Palu dimulai pukul 11.00 WITA hingga 15.00 WITA. Pada jam itu, suhu panasnya bisa menggangu aktivitas masyarakat. Namun suhu panas menurut Riza, tidak terjadi setiap hari. Tapi dimungkinkan suhu 36 derajat celcius bisa terulang di hari-hari tertentu, bahkan  bisa saja di atas 36 derajat celcius.

“Diprediksi bisa melebihi 36 derajat celcius,” jelasnya.

Olehnya itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat kurangi aktivitas pada pukul 11.00 WITA hingga 15.00 WITA. Mengingat tingginya suhu panas itu bisa menggangu aktivitas masyarakat.

“Karena suhunya panas di atas normal, diimbau untuk kurang aktivitas pada siang hari,” imbaunya. RAF

Leave A Reply

Your email address will not be published.