Perekat Rakyat Sulteng.

Pelajar Sulteng Dikenalkan Berbagai Kearifan Lokal di Sumut

SMN PT INALUM 2019

84

SULTENG RAYA – Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) dan BUMN PT Bandha Graha Reksa (BGR) Logistics telah memberangkatkan siswa dan siswi peserta dari Sulawesi Tengah menuju Sumatera Utara (Sumut) pada Rabu (14/8/2019) pagi.

Peserta sebanyak 23 pelajar, saat menjalankan program SMN selama kurang lebih sembilan hari di Sumut akan dikenalkan tradisi, kebiasaan hingga kebudayaan yang dianut warga Sumut. Sama seperti peserta SMN Sumut di Sulteng, peserta juga akan di tempatkan di rumah-rumah warga Sumut sehingga dapat berbaur mengeksplorasi keseharian masyarakat.

Koordinator SMN 2019 di Sulteng dari PT Inalum, Fajri Ramadhan, kegiatan SMN ini nantinya akan memberikan pemahaman kepada peserta bahwa Indonesia itu kaya akan kebudayaan, lintas pulau yang membentang terdapat ribuan kultur yang berbeda namun disatukan dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika.

“Dikenalkan apasih tradisi, kebudayaan, kearifan lokal disana. Menambah pengalaman, bahwa tujuannya adalah meningkatkan semangat kebangsaan, semangat kecintaan terhadap Indonesia,” tuturnya.

Keberangkatan para peserta SMN dari Sulteng, menurutnya akan disambut langsung oleh pihak BUMN lain sebagai PIC (penanggung jawab) SMN di Sumut dan pihak pemerintah Provinsi Sumut.

Para peserta, kata dia, baik di Sulteng dan di Sumut dilengkapi asuransi dengan tujuan antisipasi resiko tidak diinginkan yang terjadi sepanjang kegiatan SMN diselenggarakan. Pihaknya juga mengimbau para peserta untuk menjaga stamina dan kebugaran sehingga saat padatnya kegiatan bisa diikuti secara penuh.

“Walaupun kita semua menginginkan supaya tidak apa-apa, paling tidak mereka sudah tercover. Jadi mereka bisa mengeksplorasi budaya diserap secara maksimal dan jadi bekal pulang ke Sumut maupun sebaliknya,” ujarnya.

Para peserta dari Sulteng yang di Sumut nantinya akan di ajak mengunjungi berbagai destinasi wisata yang ada di Sumut, seperti Danau Tobadan masih banyak lagi.

“Merka ini akan sangat padat agendanya. Jika memungkinkan dan agenda selesai tepat waktu, mereka akan kami ajak mengunjungi perusahaan kami (PT Inalum),” imbuhnya. RHT

Leave A Reply

Your email address will not be published.