Perekat Rakyat Sulteng.

Car Free Day Dipindahkan ke Hutan Kota

USULAN SEMENTARA

21

SULTENG RAYA – Pantai Talise yang dulunya menjadi lokasi care free day setiap pekan, kini sudah rata disapu tsunami pada 28 September 2018 lalu.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palu telah mengusulkan lokasi care free day ditempatkan di Jalan Mohammad Yamin, tepatnya di sekitar Taman Vatulemo. Namun, lokasi tersebut dinilai mengganggu lalulintas, maka pihaknya mengusulkan lokasi car free day dipindah ke area Hutan Kota Kaobona.

“Untuk sementara ini lokasinya di kawasan Hutan Kota Kaombona,” kata Kepala Dishub Kota Palu, Mohammad Arif Lamakarate, Selasa (13/8/2019).

Lokasi hutan kota dipilih, kata Arif, karena lokasi car free day harus berada di ruang terbuka agar masyarakat bebas melakukan aktivitas.

Selain itu, syarat lainnya harus berada di tengah pusat aktivitas perkotaan. Lokasi paling tepat, dan strategis, yakni Jalan Mohammad Yamin. Namun, dengan kendala dialami saat ini, kata Arif, mesti melakukan kajian kembali untuk menemukan dimana lokasi car free day yang tepat.

“Kami masih melakukan kajian kembali,” jelasnya.

Salah satu masalah yang membuat lokasi car free day belum dapat ditempatkan di Jalan Mohammad Yamin, kata Arif terkedala masalah lalu lintas. Di jalan tersebut menjadi jalur lalu lintas masyarakat Kota Palu serta kunjungan para tamu dari luar daerah. Sehingga, dikhawatirkan penutupan jalan bisa mengganggu aktivitas lalu lintas.

“Tapi kami sudah melakukan diskusi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, masih menemui kendala. Salah satunya, jika ada penutupan jalan. Bisa jadi, banyak kegiatan yang tertunda jika dilakukan penutupan jalan,” ujarnya. RAF

Leave A Reply

Your email address will not be published.