Perekat Rakyat Sulteng.

Belanja di Cafe dan Warkop Dipungut Pajak 10 Persen

PENGUNJUNG WAJIB TAHU

21

SULTENG RAYA – Seluruh cafe dan warung kopi (Warkop) yang menghidangkan minuman ataupun makanan, termasuk kopi dibebankan pajak 10 persen dari omset per bulannya oleh Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Palu.

Kapala Seksi Pemungutan Pajak Bidang Pendapatan I Dispenda Kota Palu, Endang mengatakan, pemungutan pajak cafe dan warkop masuk dalam kategori pajak restoran.

“Apapaun yang dijual dalam warkop itu (makanan dan minuman), entah itu kopi jenis apapun tetap ada pajaknya,” kata Endang kepada media ini, Selasa (13/8/2019).

 

SEJUMLAH CAFE TIDAK MELAPOR

Namun dalam pemungutan pajak restoran itu, cenderung menemui kendala, yakni adanya cafe dan warkop yang tidak melapor. Padahal, dalam peraturan perundang-undangan, setiap cafe dan warkop harus melaporkan ke Dispenda untuk didata sebagai wajib pajak.  Jika tidak ada yang melapor, kata Endang akan mendapat teguran sampai tiga kali.

“Kalau memang bandel, kami berikan teguran sampai tiga kali. Pada teguran ketiga itu, sudah menjadi urusan bidang yang lain,” jelasnya.

Selain itu, kendala cafe dan warkop tidak melaporkan diri karena persoalan nilai pajak yang dibebankan. Menurutnya, ada dua sistem yang ditawarkan kepada pemilik cafe dan warkop terkait penetapan pajak, yakni self assessment system  dan official assessment system.

“Kami seringkali menawarkan pakai Self Assessment System  biar mudah. Karena nilai pajak yang dibebankan mengikuti naik turunnya omset per-bulan,” jelasnya.

Penetapan pajak melalui self assessment system ditetapkan oleh wajib pajak secara mandiri, yakni wajib pajak berperan aktif menghitung, membayar dan melaporkan besaran pajaknya ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau melalui sistem administrasi online yang sudah dibuat oleh pemerintah.

Sementara, penetapan pajak melalui official assessment system ditetapkan oleh wajib pajak dan nilainya tidak mengikuti omset yang didapatkan. Sehingga pada posisi itu, jika cafe dan warkop mengalami penurunan omset, maka nilai pajak yang dibebakan tetaplah sama. RAF

Leave A Reply

Your email address will not be published.