Perekat Rakyat Sulteng.

Rektor Unisa Belum Tentukan Pilihan Nama Wakilnya

17

SULTENG RAYA-Rektor Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu, Dr Umar Alatas, hingga hari ini belum menentukan pilihan atas nama-nama figur wakil rektor yang disodorkan senat universitas kepadanya (6 /8/2019), sebagai calon wakil yang mendampinginya selama empat tahun kedepan.

Umar mengaku masih membutuhkan waktu untuk mempertimbangkan dengan baik nama-nama figur yang tepat untuk mendampinginya. Sebab bagi dirinya, wakil rektor bukan hanya sekadar pelengkap struktur jabatan di universitas ini, melainkan sebagai sosok figur yang saling melengkapi antara satu sama lainnya sebagai tim nahkoda kepemimpinan.

Sebagai tim, membutuhkan kerjasama yang baik antara satu sama lain, karena banyak pekerjaan besar yang harus dituntaskan, namun bukan berarti mengesampingkan nama-nama figur yang diajukan oleh senat universitas, karena nama-nama orang yang diajukan oleh senat kata rektor adalah nama-nama orang yang cukup berpengalaman dan kompeten, hanya saja rektor masih butuh waktu untuk menjatuhkan pilihan yang paling tepat di tiga posisi jabatan itu, yakni Wakil Rektor 1, Wakil Rektor 2, dan Wakil Rektor 3.

“Tunggu saja, nama-namanya sudah ada dari senat, dan tentu senat juga sudah mempertimbangkan nama-nama itu yang dinilai tepat mendampingi rektor, hanya saja rektor sebagai pemakai masih membutuhkan pertimbangan dan masukan,”kata Umar, Selasa (13/8/2019).

Pastinya kata rektor, kreteria wakilnya harus mampu menyeimbangi rektor yang masih muda dan enerjik, memiliki wawasan luas dan terbuka, mampu bekerjasama dan sama-sama bekerja sebagaimana motto rektor selama ini.

Selain juga harus dari dosen internal yayasan, bergelar minimal S2, memiliki kepangkatan akademik, memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN), yang tidak kalah penting adalah memiliki jiwa loyalis dan berintegritas yang bagus, mengendepankan kepentingan lembaga diatas kepentingan pribadi.

Selain itu, rektor juga mengatakan jika mengacu pada SK, maka masa jabatan para wakil rektor saat ini masih tersisa empat bulan lagi, sehingga tidak perlu terlalu terburu-buru, sekalipun juga bisa diganti sebelum masa akhir berlakunya SK tersebut.

Untuk itu, ia berharap kepada para wakil rektor tetap bekerja sebagaimana mestinya dan tidak perlu terganggu dengan isu pergantian wakil rektor, sebab masih ada sejumlah pekerjaan yang harus dikerjakan dan diselesaikan.

Sebelumnya, sejumlah nama dosen internal yayasan Sis Aljufri Alkhairaat yang diajukan oleh senat universitas kepada rektor sebagai calon wakil rektor, termasuk kembali muncul nama-nama wakil rektor yang masih menjabat saat ini, begitu juga muncul sejumlah nama dekan yang tengah menjabat saat ini. AMI

Leave A Reply

Your email address will not be published.