Perekat Rakyat Sulteng.

PT Inalum Kembali Gelar SMN

Tukar Pelajar Sulteng-Sumut

86

SULTENG RAYA – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) bersinergi dengan BUMN PT Bandha Graha Reksa (BGR) Logistics kembali menggelar program rutin mereka yakni Siswa Mengenal Nusantara (SMN), momentum kali ini sebanyak 23 orang pelajar lintas Kabupaten dan Kota di Sulteng akan bertukar dengan para pelajar dari Sumatra Utara (Sumut).

Program SMN telah dilaksanakan secara rutin mulai dari 2015 hingga saat ini dan diharapkan akan terus konsisten kedepan. Karena, program ini sejatinya saling mengenal tradisi, kebiasaan hingga kebudayaan yang dianut setiap daerah. Hal ini juga akan menunjukkan betapa beragamnya Indonesia dari Sabang sampai Merauke dan Miangas sampai Pulau Rote.

Koordinator SMN di Sulteng dari PT Inalum, Fajri Ramadhan kepada sejumlah awak media menjelaskan, output yang diinginkan kepada para peserta yakni dapat menambah khasanah tentang kearifan lokal daerah tujuan pertukaran pelajar.

“Menambah pengalaman, bahwa tujuannya adalah meningkatkan semangat kebangsaan, semangat kecintaan terhadap Indonesia yang memang terdiri dari beberapa pulau dengan kultur yang berbeda-beda, ini tidak hanya di Sulawesi tapi juga BUMN lain melakukan hal yang sama,” tutur Fajri disela penerimaan pembekalan peserta SMN di salah satu penginapan di Kota Palu, Selasa (13/8/2019).

Dirinya menambahkan, untuk pelajar dari Sumut akan ditempatkan selama sembilan hari di Kampung Lere, Kota Palu. Para peserta, nantinya akan ditempatkan di rumah-rumah warga, mempelajari karakter orang Sulawesi seperti apa, begitupun sebaliknya.

“Mulai dari apa yang saudaranya makan disini, apa kerjanya, seperti apa mereka menjalankan keseharian, itu akan semua mereka dapatkan selama waktu berjalan. Jadi ada orientasi edukasi. Nah, setelah itu mungkin kami akan ajak mengenal destinasi wisata dan kunjungan terhadap sekolah unggulan di Sulteng,” tuturnya.

Para peserta, kata dia, dilengkapi asuransi dengan tujuan antisipasi resiko tidak diinginkan yang terjadi sepanjang kegiatan SMN diselenggarakan. Pihaknya juga mengimbau para peserta untuk menjaga stamina dan kebugaran sehingga saat padatnya kegiatan bisa diikuti secara penuh.

“Walaupun kita semua menginginkan supaya tidak apa-apa, paling tidak mereka sudah tercover. Jadi mereka bisa mengeksplorasi budaya diserap secara maksimal dan jadi bekal pulang ke Sumut maupun sebaliknya,” ujarnya.

Sementara itu, Pantauan Sulteng Raya pada kegiatan pembekalan, penyelenggara menginstruksikan peserta SMN membuat dokumenter perjalanan lewat tulisan ilmiah nantinya akan dibukukan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Untuk memantapkan kesiapan para siswa dari Sulteng dalam hal dokumentasi, pihak PT Inalum bersinergi dengan BUMN kantor berita Antara Sulteng untuk kemudian dipercayakan membawakan dua materi dasar yakni teknik penulisan ilmiah oleh wartawan senior Antara Sulteng, Rolex Malaha dan Jurnalis fotografer senior Antara, Basri Marzuki. RHT

Leave A Reply

Your email address will not be published.