Perekat Rakyat Sulteng.

Polres Banggai Tangkap Dua Tersangka Curanmor

41

SULTENG RAYA – Polres Banggai berhasil menangkap dua tersangka pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), masing-masing berinisial IM dan MP, Sabtu (10/8/2019).

Kasat Reskrim Polres Banggai, AKP Pino Ary menjelaskan, kronologis kejadian
pada Kamis (8/8/2019) pukul 04.30 wita telah terjadi pencurian 1 unit sepeda motor dan uang tunai Rp60 Juta yang dilaporkan oleh korban Mulia Laide sesuai dengan Laporan Polisi LP / 72 / VIII / 2019/ Sek Batui / Res banggai pada tanggal 8 Agustus 2019 di rumah korban Desa Bonebalantak, Kecamatan Batui Selatan, Kabupaten Banggai.

“Kedua pelaku sempat tinggal di rumah pelapor dan mendadak hilang bersama dengan 1 unit motor dan sejumlah uang dalam koper milik pelaku,” katanya.

Selanjutnya kata Kasat, pada Jumat (9/8/2019) pukul 01.00 wita, Tim Maleo Jatanras Polres Banggai segera melakukan lidik terkait dengan hal tersebut. Atas lidik itu, tim mendapatkan info bahwa pelaku kabur ke arah Palu. Sehingga Tim Maleo Jatanras meminta back up jajaran Jatanras se-Sulteng untuk membantu menangkap kedua pelaku yang telah melarikan diri.

“Pada pukul 03.00 wita didapat informasi bahwa ada dua orang tidur di taman pelabuhan Ampana penyebrangan ke Gorontalo, dan bergegas Tim Maleo Jatanras berkoordinasi dengan jajaran opsnal Ampana untuk mencari baket terkait info tersebut dan benar bahwa di sekitar pelabuhan di semak-semak didapat 1 unit sepeda motor yang diduga milik pelapor,” ujar Kasat.

Tak hanya sampai disitu kata Kasat, Tim Maleo Jatanras Polres Banggai kembali berkoordinasi dengan Resmob Polda Gorontalo untuk back up dan sekat pelaku di pelabuhan Gorontalo, karena menurut dugaan kedua pelaku lari ke Gorontalo menggunakan kapal Feri.

“Pada hari Jumat  (9/8/2019) pukul 08.00 wita, pelaku berhasil diamankan di pelabuhan Gorontalo sesaat setelah turun dari kapal, dan kemudian Tim Resmob Polda Gorontalo kembali koordinasi dengan Tim Maleo Jatanras Polres Banggai bahwa pelaku telah ditangkap,” tuturnya.

Lanjutnya, usai mendapat laporan dari Tim Resmob Polda Gorontalo, Tim Maleo Jatanras langsung bergerak cepat menuju Kabupaten  Tojo Una-Una untuk mengumpulkan barang bukti, dan membagi tugas antara Kapolsek Batui bersama Kanit Reskrim Polsek Batui menjemput pelaku, sedangkan Tim Maleo Jatanras mencari barang bukti 1 unit sepeda motor milik korban di wilayah Ampana Tete melalui jalur darat, sekaligus mengumpulkan barang bukti kasus lain TKP Luwuk.

“Akhirnya kedua pelaku mengakui bahwa mereka melakukan pencurian di rumah pelapor tersebut, dengan modus penggandaan uang,” jelasnya.

Sementara, dari hasil penangkapan itu petugas juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti masing-masing, 1 unit sepeda motor Honda CB150R warna merah, 1 buah helm warna hitam, 1 buah handphone oppo warna hitam dan uang tunai sejumlah Rp19 juta lebih. MAM

Leave A Reply

Your email address will not be published.