Perekat Rakyat Sulteng.

Masyarakat Optimis Ekonomi Sulteng Bangkit

16

SULTENG RAYA – Masyarakat Sulawesi Tengah menatap prospek perekonomian daerah secara positif kedepan.

Hal itu berdasarkan Indeks Tendensi Konsumen (ITK) yang dihitung Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tengah pada Triwulan II 2019, yakni sebesar 128,41 persen, meningkat dari Triwulan I sebesar 90,45 persen.

“ITK merupakan indeks yang menggambarkan optimisme ekonomi konsumen melalui pengeluaran konsumsi dan tabungan pada triwulan berjalan dan perkiraan pada triwulan mendatang. Angka indeks yang berada di atas 100 ini mengindikasikan bahwa menurut persepsi konsumen kondisi perkonomian Sulteng pada triwulan II-2019 mengalami peningkatan,” tutur Kabid Neraca Perdagangan Wilayah dan Analisis Statistik BPS Sulteng, Rukhaedi beberapa waktu lalu.

Menurutnya, Peningkatan ekonomi konsumen pada triwulan II-2019 ini, didorong komponen indeks pendapatan kini sebesar 143,12 persen dan indeks volume konsumsi sebesar 123,16 persen. Sementara itu, dari sisi pengaruh inflasi kenaikannya lebih kecil yaitu sebesar 104,92.

“Ditinjau lebih dalam terkait peningkatan volume/frekuensi konsumsi rumah tangga yang terjadi pada triwulan II-2019, tampak bahwa kenaikan terjadi pada kelompok makanan dan bukan makanan,” katanya.

Sementara itu, prospek pada Triwulan III 2019 sesuai Survei Tendesi Konsumen (STK) menunjukkan akan kembali mengalami penurunan. Hal itu didasari oleh tidak adanya momentum yang menggeliatkan perekonomian seperti Hari Raya maupun iven besar lainnya.

“Berdasarkan variabel pembentuknya, perkiraan ITK tersebut dipengaruhi oleh kedua komponennnya. Adanya penurunan rencana pembelian barang tahan lama dengan nilai 90,91 persen dan penurunan perkiraan pendapatan rumah tangga mendatang dengan nilai 90,91 persen,” imbuh Rukhaidi. RHT

Leave A Reply

Your email address will not be published.