Perekat Rakyat Sulteng.

BKPSDM Bangkep Latih 210 CPNS

27

SULTENG RAYA – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) melaksanakan  pelatihan dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) golongan II dan III di Gedung Balai Pertemuan Tinangkung Salakan, Senin (22/7/2019). Kegiatan tersebut mengangkat tema “Menciptakan ASN smart menuju Banggai Kepulauan ( Bangkep) berkembang”.

Sekretaris BKPSDM Bangkep, Marjam Ibaad dalam sambutannya mengatakan bahwa pada kesempatan itu, pihaknya melatih  CPNS sebanyak 210 orang.

“Kalian akan berproses dan bersinergi selama kurang lebih 51 hari, dimana 21 hari akan dilalui dengan pempelajaran secara klasical dan 30 hari pempelajaran non klasical atau aktualisasi di tempat kerja,” kata Marjam.

Menurutnya, pelaksanaan pelatihan dasar bagi CPNS ini merupakan salah satu upaya untuk membangun kompotensi setiap peserta sebagai pelayan masyarakat yang nonfisional yang ditunjukkan dalam sikap perilaku bela negara, mampu mensosialisasikan kedudukan dan peran ASN dalam tugas jabatannya.

“Pelatihan ini juga dimaksudkan agar ASN mampu menunjukkan kompotensi teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugasnya,” ujar Marjam melanjutkan.

Pelatihan ini sejalan dengan peraturan Lembaga Administrasi Negara RI nomor 12 tahun 2018 tentang pedoman penyelenggaraan pelatihan dasar bagi Calon PNS maka setiap CPNS wajib menjalani masa prajabatan selama satu tahun sebagai masa percobaan terhitung dari tanggal penyelenggaraannya sebagai CPNS.

Untuk itu, selama masa prajabatan tersebut pemerintah wajib memberikan pelatihan dasar yang bertujuan untuk mengembangkan kompotensi CPNS dengan cara terinterigrasi yaitu mempelajari cara pelatihan klasical dengan non klasical serta membedakan antara teori dengan aktualisasi dan sikap perilaku dengan kompotensi bidang baik administratif maupun teknis.

Melalui kesempatan itu, Marjan berharap agar seluruh peserta pelatihan dasar mampu mengimplementasikan kompotensi yang dihasilkan.

“Ini sebagai bekal melaksanakan tugas menjadi aparatur yang unggul dalam melakukan pelayanan publik  dan mendorong percepatan terwujudnya Visi-Misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai Kepulauan serta menghantarkan Sulawesi Tengah setara dengan daerah maju lainnya,” harap Marjan.

Sementara itu, Plt Bupati Banggai Kepulauan Rais D Adam mengucapkan selamat kepada para CPNS Bangkep angkatan 2018 yang berhasil dan telah mengikuti pelatihan dasar ini.

Dia mengatakan, pemerintah  daerah melalui BKPSDM menyelenggarakan kegiatan pelatihan dasar bagi CPNS untuk membentuk ASN yang profesional serta menguasai tanggung jawab, tugas pokok dan fungsinya serta dapat bekerja secara efisien,efektif saat masuk ke dunia kerja. MAN

Leave A Reply

Your email address will not be published.