Perekat Rakyat Sulteng.

Dua Pelaku Pencurian di Talise Ditangkap

75

SULTENG RAYA – Anggota Unit Reskrim Polsek Palu Timur berhasil menangkap dua pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan (Curas) di Kelurahan Talise, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sabtu (13/7/2019). Kedua pelaku masing-masing, AY (27) dan AB (17).

Kapolres Palu, AKBP Mujianto melalui Kapolsek Palu Timur, AKP Lusi Setiawati menjelaskan, AY dan AB ditangkap di Huntara Gor Madani Jalan RE Martadinata, Kelurahan Talise, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu.

Dari penangkapan itu, petugas berhasil mengamankan sejumlah barang bukti hasil pencurian diantaranya, 1 unit sepeda motor Honda Scoopy warna merah hitam yang dipergunakan oleh pelaku dalam melakukan aksinya, 1 buah HP merk Samsung Young warna putih, 1 buah obeng plat warna hitam, uang senilai Rp.572.000 hasil penjualan HP samsung Galaxy J1 Pro, 1 lembar STNK mobil, 2 lembar STNK sepeda motor, 1 buah tas bahu warna hitam merk Supreme (milik pelaku AY), 1 buah dompet warna pink berisikan ATM Bank BNI 46, KTP atas nama Inekhe Kalara, SIM A dan SIM C atas nama Inekhe Kalara dan tongkat warna hitam.

“Pelaku melakukan aksinya menggunakan obeng plat, serta motif pelaku melakukan aksinya karena ekonomi dan adanya kesempatan pelaku melakukan aksinya,” kata Kapolsek AKP Lusi Setiawati didampingi Paur Subbag Humas Polres Palu, Aipda I Kadek Aruna saat merilis dua pelaku beserta barang buktinya di Mapolsek Palu Timur, Kamis (18/7/2019).

Kapolsek menegaskan, untuk kedua pelaku dikenakan Pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya sembilan tahun Subsider Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya tujuh tahun. “Untuk Pelaku atas nama Lk. AB akan diberkaskan tersendiri/splitsing mengingat pelaku masih di bawah umur/anak,” ujar Kapolsek.

Sementara, Kapolres Palu, AKBP Mujianto berharap, dapat memberikan efek jera kepada para pelaku yang telah ditangkap dan menciptakan rasa aman bagi masyarakat kota Palu.

Mantan Kapolres Buol itu juga mengimbau, kepada seluruh masyarakat kota Palu untuk meningkatkan kewaspadaan diri, baik saat berada di luar rumah ataupun di dalam rumah. “Pasang kunci tambahan di pintu-pintu rumah, pasang trali di jendela, usahakan rumah ditinggal jangan dalam keadaan kosong dan bilamana tinggal dalam keadaan kosong agar menitip atau memberitahukan kepada tetangga untuk melihat ataupun menjaga rumah yang ditinggal tersebut, serta memasang alat pengintai berupa CCTV,” harapnya.

Perwira dua melati di pundaknya itu juga meminta, peran aktif masyarakat untuk bersama-sama dengan Kepolisian menjaga situasi kamtibmas di wilayah kota Palu agar selalu kondusif dengan cara apabila mengetahui, melihat ataupun mengalami suatu tindak pidana agar menginformasikan atau segera melaporkan ke kantor Kepolisian terdekat atau langsung ke Polres Palu. */YAT

Leave A Reply

Your email address will not be published.