Perekat Rakyat Sulteng.

Tim Futsal IAIN Palu Juara Empat Nasional di Pionir

67

SULTENG RAYA-Tim Futsal dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, mampu meraih posisi peringkat empat nasional pada ajang bergengsi Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (Pionir) IX, yang berlangsung di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Malang, Jawa Timur.

“Iya, IAIN Palu berada di posisi peringkat empat,” ucap Manager Tim Futsal IAIN Palu di Pionir IX di Malang, Ichsan Firmansyah, di hubungi dari Palu, Jumat (19/7/2019).

Juara satu cabang olahraga futsal di raih oleh tim futsal dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Riau raih juara dua. Sementara juara tiga, UIN Surabaya dan juara empat tim futsal IAIN Palu.

Hasil akhir pertandingan dengan skor 8 : 4, membuat IAIN Palu harus mengakui kehebatan bermain dan strategi menyerang dari tim futsal UIN Surabaya.

“Namun ini merupakan suatu perolehan yang baik menurut kami, karena berada di posisi atau juara empat bukan perkara mudah,” kata Ichsan.

Ichsan menerangkan, tim futsal IAIN Palu berhasil masuk ke babak final dengan meraih juara empat, setelah mengalahkan UIN semarang skor akhir 3 : 2 (adu penalti/tendangan penalti). Kemudian, mengalahkan IAIN Pekalongan skor 2 : 1. IAIN Madura juga dikalahkan IAIN Palu dengan skor akhir 9 : 8 (tendangan penalti).

Tim Futsal IAIN Palu kemudian melaju ke babak semi final. Di babak semi final, IAIN Palu harus menyerahkan terhadap UIN Riau.

“Kami tim futsal IAIN Palu memohon maaf kepada seluruh civitas akademik IAIN Palu, karena hanya mampu meraih posisi juara empat,” kata Ichsan.

Walaupun berada di posisi juara empat, Rektor IAIN Palu Prof Dr Sagaf S Pettalongi MPd bangga dengan perolehan prestasi mahasiswa-nya.

“Bagi saya juara empat futsal pada Pionir IX adalah prestasi yang baik dan membanggakan bagi IAIN Palu,” sebut Prof Sagaf Pettalongi.

Prof Sagaf Pettalongi menyampaikan kepada mahasiswanya khususnya tim futsal untuk menerima hasil akhir, dan membangun silaturahim dengan mahasiswa perguruan tinggi lainnya yang terlibat di Pionir IX di Malang.

“Silaturahmi tidak boleh putus, junjung tinggi sportifitas tanpa harus mencederai persaudaraan antarsesama PTKIN,” ucapnya.

Ia berharap agar se-kembali dari Pionir IX, mahasiswa terus melakukan latihan agar pada Pionir X tahun 2019, prestasi dapat di tingkatkan.

PIONIR IX digelar di Universtas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahaim Malang, Jawa Timur, 15 – 21 Juli 2019. PIONIR direncanakan akan dibuka secara resmi oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan akan diikuti oleh 3.500 mahasiswa dari 58 perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) seluruh Indonesia.

Di Pionir IX, terdapat 36 cabang lomba dan pertandingan, yakni tujuh cabang ilmiah, 12 cabang olahraga, 13 cabang seni dan empat cabang riset. */AMI

Leave A Reply

Your email address will not be published.