Perekat Rakyat Sulteng.

Taspen Beri Pinjaman Rp300 Juta Kepada 10 UKM

21

SULTENG RAYA – PT Taspen (Persero) Cabang Palu menyalurkan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) kepada 10 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Palu.

Pimpinan Taspen Palu, Henra, mengatakan, total bantuan penyaluran PKBL pelaku UKM sebesar Rp300 juta. Bantuan itu diharapkan dapat membantu mengembangkan usaha.

PKBL, kata dia, merupakan program kredit yang tidak hanya diperuntukkan untuk pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS), namun program itu terbuka untuk seluruh kalangan masyarakat sesuai syarat dan ketentuan.

“Program ini jangka panjang dapat diangsur pelaku usaha dalam kurun waktu tiga tahun. Semua lapisan masyarakat bisa gunakan program ini. Namun yang perlu diingat, dana ini dana bergulir bukan dana hibah, dana ini bersifat pinjaman lunak dimana bunga di bawah bunga pasar,” kata Henra dalam rilis yang diterima Sulteng Raya, Rabu (10/7/2019).

Kredit usaha mikro tersebut masih terbuka lebar bagi masyarakat yang berminat. Cukup melampirkan dokumentasi usaha, izin usaha dan jika pengajuan kredit di atas Rp10 juta harus disertai dengan agunan.

“Saya harap dengan adanya program kemitraan dan bina lingkungan tersebut, dapat bermanfaat dan meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha,” tutur Henra.

Untuk diketahui, PKBL adalah bentuk tanggung jawab Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kepada masyarakat. PKBL dilaksanakan dengan dasar UU No.19 tahun 2003 tentang BUMN serta Peraturan Menteri BUMN No. Per-05/MBU/2007 yang menyatakan maksud dan tujuan pendirian BUMN tidak hanya mengejar keuntungan melainkan turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi dan masyarakat. RHT

Leave A Reply

Your email address will not be published.