Perekat Rakyat Sulteng.

SMA Muhammadiyah 1 Palu Laksanakan PLS

17

SULTENG RAYA – Sebanyak 45 orang siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 1 Palu melaksanakan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS), dilaksanakan pada tanggal 8-10 Juli 2019.

Kepala SMA Muhammadiyah 1 Palu, Nur’ain, menuturkan, selama tiga hari para siswa peserta PLS diberikan beberapa materi diantaranya, materi Pendidikan Karakter di SMA Muhammadiyah 1 Palu, Program Pembelajaran, Motivasi Belajar Efektif, Mengaji, Struktur Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Palu.

“Selanjutnya, ada materi Muhammadiyah dan IRM (Ikatan Remaja Muhammadiyah, Red), Tata Tertib, terakhir Sarana Prasarana. Sementara itu pemateri selama pelaksanaan PLS adalah guru dan siswa pengurus IRM SMA Muhammadiyah 1 Palu,”terangnya, Rabu (10/7/2019).

Lebih lanjut, kata dia, secara garis besar pelaksanaan PLS di SMA Muhammadiyah 1 Palu tidak jauh berbeda dengan SMA pada umumnya. Hanya saja, untuk seluruh sekolah dibawah naungan Muhammadiyah, ada materi khusus yang diberikan kepada siswa dan tidak didapatkan di sekolah umum, yaitu materi Kemuhammadiyaan dan IRM.

Muatan materi tersebut, kata dia, memberikan pengetahuan kepada siswa baru mengenai Muhammadiyah, sejarah berdirinya Muhammadiyah, sehingga sebagai siswa SMA Muhammadiyah 1 Palu mereka bisa memahami apa itu Muhammadiyah.

“Sesuai jadwal akademik, para siswa ini akan melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar mulai tanggal 15 Juli 2019. Jadi besok (hari ini,Red) mereka akan saya serahkan secara simbolis kepada wali kelas mereka masing-masing, karena mereka ini sudah terbagi menjadi dua jurusan yaitu Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial,”jelasnya.

Jadi, kata dia, wali kelas akan melakukan pertemuan perdana dengan para siswa baru, mereka akan ditunjukan ruangan yang menjadi kelas mereka, diberikan pengarahan mengenai tata tertib dalam kelas, apa saja yang harus dilakukan dalam kelas, serta pembagian tugas menjaga kebersihan kelas.

Olehnya, kata dia, inti dari PLS ini mengenalkan kepada siswa terhadap lingkungan sekolah, mulai dari tata tertib dalam sekolah, etika terhadap guru dan teman, serta kewajiban-kewajiban dan hak siswa selama berada di sekolah.

Sehingga, kedepannya para siswa mengetahui apa saja yang harus dilaksanakan oleh siswa selama berada di sekolah, misalnya mengikuti apel pagi, melaksanakan solat dzhur secara berjamaan, serta mengfalkan surat-surat pendek sebagai syarat untuk kenaikan kelas.

“Jadi fokus kita itu bgaiman membentuk karakter siswa menjadi karakter seorang pemimpin yang dapat melahirkan ide-ide kreatif dalam proses belajar mengajar. Sehingga, kedepan mereka bisa berkontribusi dalam pembangunan bangsa,”terangnya.ADK

Leave A Reply

Your email address will not be published.