Perekat Rakyat Sulteng.

Empat Anak Inklusif Ikuti MPLS

37

SULTENG RAYA – Empat orang anak kategori inklusif mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Palu, hal itu dilaksanakan agar siswa inklusif tersebut tidak merasa di diskriminasi.

Kepala SMAN 4 Palu, Syam Zaini, menuturka, bahwa SMAN 4 Palu merupakan salah satu penyelenggara sekolah inklusif di Kota Palu. Sebagai salah satu penyelenggara sekolah inklusif, pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019 ini SMAN 4 Palu menerima empat orang siswa inklusif.

“Kita melaksanakan MPLS selama tiga hari mulai tanggal 8 – 10 Juli 2019. Jadi ada empat orang anak yang termaksud dalam kategori inlusif kita terima juga, karena kita sekolah penyelenggara inklusif, kita ikutkan mereka dalam pelaksanaan MPLS, dengan bermaksud supaya tidak ada diskriminasi terhadap mereka,”jelasnya, Selasa (9/7/2019).

Jadi, kata dia, hal-hal yang spesifik diberikan kepada mereka tidak ada, karena mereka hanya berkaitan dengan fisik, tetapi fisik mereka juga tidak jauh berbeda dengan siswa pada umumnya, tidak seperti tahun 2018 ada siswa inklusif yang harus menggunakan kursi roda.

“Kalau yang seperti itu kita sesuaikan dengan fisiknya. Hal-hal yang spesifik saya kira sampai hari ini tidak ada. Alhamdulilah anak-anak sangat antusias mengikuti MPLS, jadi kegiatan kita fokuskan pada pembinaan karakter, dari pantauan kami mereka terlihatgembira dan senang bisa mengenal lingkungan yang ada di sekolah,”terangnya.

Lebih lanjut, kata dia, adapun materi yang diberikan diantaranya wawasan Wiyata Mandala, pengenalan kurikulum, pembinaan karakter, organisasi siswa intra sekolah, ekstrakurikuler, dan beberapa materi yang menyangkut penguatan karakter lainya.ADK

Leave A Reply

Your email address will not be published.