Perekat Rakyat Sulteng.

PIONIR IX PTKIN TAHUN 2019

Kirim 78 Peserta Kontingen

210

SULTENG RAYA- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, akan mengirim sebanyak 78 peserta kontingen untuk mengikuti Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) IX PTKIN Tahun 2019 yang dipusatkan di UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang,  pada tanggal 15 hingga 21 Juli 2019.

Ke-78 orang tersebut terdiri dari 31 orang pendamping, dan 47 orang peserta untuk mengikuti tiga bidang dan 19 cabang lomba yang ada. Masing-masing bidang olahraga, yakni cabang Futsal Putra, Bulutangkis, Tenis Meja, Catur, Panjat Dinding, Pencak Silat, Karate, Taekwondo, dan Sepak Takraw.

Sementara pada bidang Seni, masing-masing cabang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqah Hifzdil Quran (MHQ), Musabaqah Syahril Quran (MSQ), kaligrafi, Pop Solo Islami, Puitisasi Alquran, dan terakhir desain dan peragaan busana Islami.

Terakhir bidang Ilmiah dengan tiga cabang, yakni Debat Bahasa Inggris, Debat Bahasa Arab, dan Debat Konstitusi.

Wakil Rektor III IAIN Palu sekaligus Ketua Kontingen, Drs. H. Iskandar, M.Si menjelaskan bahwa untuk cabang riset, IAIN Palu belum berkesempatan untuk mengikuti. “Kami sudah mengirim sesuai yang dipersyaratkan, ternyata kami tunggu sampai tanggal 28 Juni 2019, di bidang riset nama IAIN Palu tidak keluar, kemungkinan tidak masuk 10 besar, sehingga SK Rektor tidak memasukan tim riset dalam kontingen kali ini,”jelas Iskandar. Selasa (9/7/2019).

Sebagai mantan tuan rumah PIONIR VIII, Iskandar menargetkan semua cabang lomba bisa mendapatkan medali, mengingat sebelum memilih peserta kontingen, pimpinan IAIN telah membentuk tim seleksi di setiap cabang lomba untuk menyaring peserta terbaik dan tim telah bekerja salama dua bulan.

Namun katanya, apapun hasilnya nanti patut disyukuri, karena dengan kondisi infrastruktur pasca gempa begitu sangat terbatas namun masih bisa memberangkatkan sejumlah kontingen untuk mengikuti 19 cabang lomba. “Yang pastinya, semua yang berprestasi akan mendapatkan reward yang cukup variatif sesuai prestasinya, yang paling tertinggi adalah beasiswa. Karena dikampus ini terdapat beasiswa prestasi akademik maupun non akademik,”jelasnya lagi.

Kontingen ini akan diberangkatkan tanggal 14 Juli 2019 oleh rektor, karena pembukaan akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juli malam. AMI

Leave A Reply

Your email address will not be published.