Perekat Rakyat Sulteng.

KPU Kota Palu Tunda Penetapan DPRD Terpilih

56

SULTENG RAYA  – Penetapan perolehan kursi  dan calon terpilih anggota DPRD Kota Palu pada pemilu serentak tahun 2019 yang seyogyanya ditetapkan oleh KPU Kota Palu, Rabu (3/7/2019) malam harus tertunda. Padahal KPU telah mengundang seluruh pihak seperti Forkopimda, pengurus partai politik, caleg terpilih serta PPK dan PPS se Kota Palu.

Menurut Ketua KPU Kota Palu Agussalim Wahid, penundaan tersebut karena Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) belum diterima dari Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia.

Semua KPU se Indonesia belum melakukan penetapan selama BRPK itu belum ada,”ujar Agussalim Wahid, Rabu (3/7/2019).

Agussalim juga mengatakan bahwa pihaknya belum memastikan kapan penetapan tersebut akan dilakukan, mengingat banyaknya gugatan yang masuk ke MK dari setiap tingkatan pemilu.

“Kita belum bisa memastikan kapan penetapannya.  Takutnya kita anggap aman, tetapi  ternyata ada gugatan yang masuk ke MK,”ujarnya.

“Tapi kalau sudah ada BRPK dari MK, maka kita akan mengundang kembali semua pihak untuk melakukan penetapan,”jelas Agussalim.

Ditundanya penetapan Anggota DPRD tersebut disayangkan oleh caleg PKS,Rusman Ramli. Menurutnya, MK harusnya memberitahukan kepada KPU se Indonesia agar belum melaksanakan Pleno sebelum proses administrasinya jelas. WAN

Leave A Reply

Your email address will not be published.