Perekat Rakyat Sulteng.

Pendaftaran SBMPTN 2019 Untad Telah Dibuka

24

SULTENG RAYA – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2019 Universitas Tadulako (Untad) telah dibuka mulai tanggal 10 Juni 2019 lalu, pukul 14.00 Wita serta akan berakhir pada 24 Juni 2019.

Ketua Pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Untad, Lukman Nadjamuddin, MHum, menjelaskan, bahwa pendaftaran dapat dilakukan melalui laman http://pendaftaransbmptn.itmpt.ac.id. Selain itu, Lukman mengingatkan beberapa hal kepada pendaftar, salah satunya agar para pendaftar memperhatikan secara teliti dan cermat semua ketentuan persyaratan dan tahapan pendaftaran SBMPTN 2019.

Lebih lanjut, kata dia, sebagaimana telah diatur dalam Keputusan Menteri Riset Teknologi ddan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 60 Tahun 2018, kuota setiap program studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru SBMPTN, ditetapkan paling sedikit 40 persen dari daya tampung program studi di PTN.

“Untad sendiri menyiapkan kuota 50 persen dari total kuota penerimaan mahasiswa baru kali ini, yang mencapai 8650 orang,”tuturnya, Senin (10/6/2019).

Menurut Lukman, para pendaftar sudah bisa melihat hasil UTBK, untuk dijadikan dasar memilih program studi yang dirasa dapat memenuhi passing grade dengan nilai yang diraihnya. Untuk passing grade setiap program studi, pihak Untad akan berupaya mengumumkan secepatnya.

Namun, kata dia, nantinya akan dilakukan perengkingan disetiap program studi yang jumlah peminatnya melebihi kuota. Dia menjamin bahwa proses akan dilakukan secara transparan, dengan berbasis hasil UTBK yang diperoleh pendaftar.

Untuk peserta pelamar Bidikmisi, kata dia, terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran yang ada di laman resmi bidikmisi. Intinya, calon peserta penerima beasiswa Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2019 dan calon peserta non-Bidikmisi yang dinyatakan lulus SNMPTN 2019, tidak boleh mendaftar SBMPTN 2019.

“Dalam pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru ini, kami meminta pendaftar jangan percaya jika ada yang mengaku bisa memuluskan atau mengaku memiliki kenalan orang dalam yang bisa membantu,”tegasnya.ADK

Leave A Reply

Your email address will not be published.