Perekat Rakyat Sulteng.

Caleg Hanura Ancam Pidanakan Lawan Politiknya

32

SULTENG RAYA – Seorang Caleg terpilih atas nama Hamsir dari Partai Hanura dilaporkan ke Bawaslu Kota Palu, atas dugaan politik uang (money politic), berupa bagi-bagi beras sejak tanggal 25 Maret 2019 atau sekitar sebulan sebelum pemilu 17 April 2019.

Hamsir diduga dilaporkan oleh lawan Politiknya di Dapil Palu Utara bernama Hi. Kadir dari Partai Golkar.

Diketahui, Kadir, merupakan caleg yang dikalahkan Hamsir melaporkan dugaan politik uang tersebut bukan atas nama dirinya, melainkan melalui tim suksesnya. Pelapor diketahui bernama Aslan.

Kuasa Hukum Hamsir, Amirullah SH, mengamcam akan mempidanakan lawan Politik kliennya, Hi. Kadir dalam hal ini karena ada kejanggalan barang bukti (bb) yang dibawa oleh pelapor ke Bawaslu.

“Setelah dicermati ternyata BB berupa beras yang dibawa oleh pelapor ke Bawaslu bukan beras yang di salurkan oleh Hamsir ke pengungsi (korban gempa Palu),” ujarnya, Ahad (19/5/2019).

Amirullah menduga pelapor melakukan rekayasa karena beras BB yang di bawa ke Bawaslu bukan beras dari Hamsir yang di beli di toko.

“Beras yang disalurkan oleh klien saya bergambar bunga dan tak ada kode BP seperti BB yang dibawa oleh pelapor ke Bawslu. Ada dugaan pelanggaran pemalsuan data, pelapor bisa kena pasal dan Hi. Kadir bisa saja terlibat seperti diatur dalam pasal 55 turut serta,” tegas Amirullah SH.

Kasus itu juga dinilai cacat hukum oleh Amirullah, karena dilaporkan ke Bawaslu sudah lewat tujuh hari setelah kejadian. Kejadian ditemukan tanggal 14 April dan dilapor ke Bawaslu tanggal 21 April 2019.

“Peraturan Bawaslu No 7 tahun 2018 pasal 9 ayat 3 poin C, syarat formil waktu pelaporan tidak melebihi ketentuan paling lama tujuh hari. Kalau lewat 7 hari kadaluarasa dan tak bisa diproses,” jelas Amirullah.

Selain itu, kata Amirullah, tidak memenuhi syarat materil karena alat bukti yang dipergunakan diduga direkayasa oleh pelapor, disebabkan alat bukti yang digunakan bukan beras yang disalurkan oleh Hamsir, caleg terpilih. TUR

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.