Perekat Rakyat Sulteng.

Pantai Kaluku Asyik Buat Ngabuburit

68

SULTENG RAYA – Kabupaten Donggala dikenal dengan banyak objek pariwisata yang luar biasa. Selain pantai pasir putih tanjung karang, kini telah muncul destinasi wisata baru di Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala yang disebut pantai kaluku.

Lokasi ini cocok untuk menghabiskan waktu libur sekalian menunggu datangnya berbuka puasa atau dikenal ngabuburit.

Dari Kota Palu sekitar satu jam perjalanan melintasi jalan poros Palu-Mamuju. Wisata pantai kaluku ini mengalahkan objek wisata pantai tanjung karang yang dikenal dengan panorama pasir putihnya di Kelurahan Labuan Bajo.

Pantai Kaluku memang masih agak asing di telinga masyarakat luas, biasanya jika hari libur tidak kurang dari ratusan wisatawan asal Palu, Sulbar, Gorontalo dan Sulut menyerbu tempat ini.

Ada beberapa fasilitas bisa dinikmati di pantai yang baru dikenal luas oleh warga di pulau Sulawesi itu. “Ada lapangan futsal, tempat bermain, bangku-bangku, ayunan dan banyak fasilitas lainnya,” kata warga Donggala, Rita yang mengunjungi objek wisata pantai kaluku, Ahad (19/5/2019).

Menurut Rita, hamparan pasir putih membentang di areal itu menambah keindahan pantai kaluku. “Apalagi kalau sore melihat matahari terbenam bagus sekali. Tiap hari ramai dikunjungi,” ujarnya.

Rita berharap agar Dinas Pariwisata Provinsi Sulteng untuk mengambil alih wisata baru di wilayah Donggala ini. “Artinya harus ada kejelian dari pemerintah untuk menata dan mengembangkan potensi pariwisata seperti ini,” harap Rita. TUR

Leave A Reply

Your email address will not be published.