Perekat Rakyat Sulteng.

Bawaslu Diminta Usut Tuntas Kecurangan Pemilu di Sulteng

35

SULTENG RAYA – Ratusan massa aksi Gerakan Daulat Rakyat Sulawesi Tengah mendatangi kantor Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Sulteng, Jumat (17/5/2019).

Dalam tuntutannya, massa aksi meminta Bawaslu Sulteng mengusut tuntas dugaan kecurangan dan pelanggaran Pemilihan Umum (Pemilu) di Sulteng.

Aksi tersebut merupakan gabungan dari Forum Umat Islam (FUI)  Sulteng,  Front Pembela Islam (FPI) dan organisasi mahasiswa islam lainnya.

Ketua FUI Sulteng, Hartono, mengatakan, dugaan kecurangan Pemilu di Sulteng begitu massif dilakukan. Mestinya kecurangan tersebut bisa dideteksi dan segera ditindaki ke Bawaslu RI.

“Kecurangan terlihat jelas, tapi tidak terdeteksi oleh Bawaslu. Kiranya laporan dugaan yang kami terima bisa menjadi bukti bahwa banyak kecurangan Pemilu dan segera ditindaki,” kata Hartono.

Selain Bawaslu Sulteng, Hartono juga meminta kepada aparat keamanan agar menjalankan tugasnya dan fungsinya dengan amanah.

“Bawaslu dan aparat harus bersikap  jujur dan adil dalam menangani masalah ini,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sulteng, Ruslan Husein mengakui telah menerima dokumen dugaan kecurangan Pemilu di Sulteng dan akan segera ditindak lanjuti ke Bawaslu RI di Jakarta.

“Saya sudah terima dokumennya, segera saya laporkan ke Bawaslu RI,” kata Ruslan.

Ia mengatakan, rencana pelaporan itu sebagai upaya Bawaslu mengawal Pemilu yang adil dan jujur. Begitu juga penegakan hukum terhadap pelanggar aturan pemilu, akan diproses sesuai aturan yang berlaku.

“Siapapun yang memiliki bukti dirugikan suaranya, lapor ke Bawaslu Sulteng. Ini bagian dari mendewasakan demokrasi kita,” katanya. RAF

Leave A Reply

Your email address will not be published.