Perekat Rakyat Sulteng.

Pencairan Tunjangan Khusus Tahap II Akhir Mei

711

SULTENG RAYA – Pencairan tunjangan khusus tahap II untuk guru-guru yang terdampak bencana di Kota Palu akan dicairkan di akhir bulan Mei ini. Saat ini masi dalam proses penyelesaian administrasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ke Kementerian Keungan RI.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu, Imam Sutarto, saat ditemui Sulteng Raya, Jumat (17/5/2019).

“Sementara ini masih menunggu penyelesaian administrasi dari kemendikbud ke kementerian keuangan, tapi kami terus berkomunikasi, informasi terakhir disampaikan bawa Insyah Allah pencairan akan dilaksanakan sebelum lebaran, paling lama satu minggu sebelum lebaran sudah  dicairkan,”jelasnya.

Oleh karena itu, kata dia, guru-guru tetap sabar menunggu karena masih dalam proses administrasi. Terkait dana Pasigala ini, Disdikbud mengusulkan nama-nama baru berdasarkan hasil penyisiran ke sekolah-sekolah, namun dengan catatan guru tersebut harus masuk dalam data Dapodik.

“Kami mengusulkan sebanyak-banyaknya sesuai dengan sistem dalam dapodik, tapi kembali bahwa kewenangan untuk memverifikasi data merupakan kewenangan dari Kemendikbud, kami tetap berharap yang baru kami usulkan juga bisa cari dananya, data terakhir jumlah yang kita usulkan itu sebanyak 492 orang,”ucapnya.

Lebih lanjut, kata dia, berdasarkan data yang dipaparkan Kemendikbud dalam pertemua beberapa waktu lalu, jumlah usulan penerima dana tunjangan khusus tahap II di Pasigala jumlahnya sangat signifikan yaitu mencapai angka 5.000 orang guru. Sebab, ada daerah tertentu yang memang sampai lima kecamatan tidak mendapat tujangan khusus tahap pertama.

Untuk Kota Palu, kata dia, ditahap pertama presentasinya sudah sangat tinggi mencapai angka 80 persen. Jadi usulan-usulan yang baru ini hanya sekitar 20 persen. Pihaknya berharap, agar Kemendikbud bisa mengakomodir usula-usulan nama baru tersebut. Jika diterima, maka penerima tunjangan khsus yang baru akan menerima dana tunjangan tersebut sekaligus dari tahap satu dan dua.

“Tetapi, berdasarkan informasi yang kami terima, untuk penerima yang baru akan dibayarkan selesai lebaran. Karena antrinya dan prosesnya membutuhkan waktu sangat panjang, kita sudah selesaikan semua administrasi, dan rekomendasi dari sekolah juga sudah diproses,”terangnya.ADK

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.