Perekat Rakyat Sulteng.

‘Raja Ampat’ Donggala Cocok untuk Ngabuburit

125

SULTENG RAYA – Gugusan hutan mangrove berbentuk pulau yang berada di Desa Tosale, Kecamatan Banawa Selatan, Kabupaten Donggala sangat cocok untuk ngabuburit sambil menunggu berbuka puasa Ramadan. Objek wisata ini memang belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Tapi keindahannya dinilai mirip wisata terkenal di Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Hutan mangrove yang berbaris rapi dan berbetuk pulau-pulau kecil ini sangat indah di pandang. Tidak heran, masyarakat  yang sudah berkunjung di tempat ini kemudian menjulukinya sebagai ‘Raja Ampat’ Donggala.

Objek wisata hutan mangrove ini jaraknya sekira 80 KM dari Kota Palu, dengan melintasi Jalur Trans Sulawesi Poros Palu – Mamuju. Setelah tiba di Desa Tosale, lokasinya berada disebelah kekiri sebelum jembatan Tosale.

Hanya saja, pengunjung belum bisa membawa mobil atau motor ke lokasi tersebut, karena kondisi jalannya belum diaspal.

Setelah berada di lokasi wisata, pengunjung dapat memanjat tower dengan tinggi sekira 80 meter untuk menikmati pemandangan alam mangrove bagaikan pulau-pulau Raja Ampat.

Meski lumayan jauh dari Kota Palu, sepanjang perjalanan menuju lokasi ini, kita akan disuguhi pemandangan eksotisme pegunungan dan pantai yang begitu menyegarkan jiwa.

Bahkan, dari salah satu titik, kita juga bisa melihat keindahan terumbu karang dalam laut dari ketinggian, tempat dibangunnya puluhan bagan ikan para nelayan desa setempat.

Salah satu warga Loli, Kecamatan Banawa yang pernah ke lokasi bernama Fiky mengatakan bahwa memang Donggala cocok menjadi Kota Wisata.

“Karena memang banyak potensi yang tersebar. Contohnya itu pohon mangrove di Tosale perbatasan Lembasada. Jika dikelola dengan baik akan menarik banyak minat pengunjung,” kata Fiky, Ahad (12/5/2019).

Sementara itu, warga lain bernama Egawati, merupakan warga Kabupaten Sigi mengaku kagum dengan keindahan alam yang ada di Tosale itu, namun dirinya belum berkesempatan datang ke lokasi tersebut.

“Saya Cuma lihat-lihat di insagram dan facebook, memang keren dan saya kagum melihatnya. Insya Allah habis lebaran saya jalan ke sana,” katanya.

Wisata mangrove lain yang ada di Donggala adalah hutan mangrove di Kelurahan Kabonga Besar, Kecamatan Banawa. Kini di lokasi ini sudah menjadi lokasi strategis dan banyak dikunjungi warga. TUR

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.