Perekat Rakyat Sulteng.

Satgas Pangan Edukasi Aturan Main Industri Air Minum

57

SULTENG RAYA – Satuan Tugas (Satgas) Pangan Sulawesi Tengah terus berkomitmen menjaga mengawal tertibnya lintas sektor industri dalam menjalankan usahanya, salah satunya dengan mengedukasi peraturan tentang tata tertib usaha depot air minum.

Edukasi itu diberikan dalam workshop tertib usaha industri depot air minum program peningkatan kemampuan teknologi industri oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Sulawesi Tengah di salah satu hotel di Kota Palu, Kamis (2/5/2019).

Ketua Satgas Pangan Sulteng sekaligus Kanit Indag Ditreskrimsus Polda Sulteng, AKP Dirham Salama mengatakan pelaku industri depot air minum seluruh Indonesia telah dibuatkan peraturan yang tertuang Sesuai keputusan mentri perindustrian dan perdagangan No 651 tahun 2004 tentang persyaratan teknis depot air minum dan perdagangannya.

“Yang perlu dipahami dalam aturan itu, depot air minum wajib memiliki TDI (Tanda Daftat Industri. Itu merupakan label awal sebagai legitimasi. Disamping itu depot air minum wajib miliki surat jaminan pasok air baku dari PDAM ijin pengambilan air dari instansi berwenang,” katanya.

Dia menambahkan, untuk melindungi konsumen, pelaku usaha diwajibkan uji hasil air minu dan melaporkannya kepada pemerintah terkait sehingga out put dari produk memenuhi standar.

“Yang terpenting adalah hanya diperbolehkan menjual produknya secara langsung kepada konsumen dilokasi depot karena air langsung sampai ke konsumen. Dilarang miliki stok produk air dalam wadah yang siap jual dan wadahnya tidak bermerk alias wada poloa,” ujar Dirham.

Kata dia, jika peraturan tersebut dilanggar sejumlah sanksi akan menanti konsumenseperti Undang-Undang (UU) Perlindungan Konsumen, UU Pangan, UU Merk, dan UU Perdagangan.

“Kami terus mengawasi dan mencoba mengedukasi. Jika dalam pengawasan terdapat hal-hal seperti itu, kita akan tegur dengan pendekatan persuasif terlebih dahulu, baru pada penanganan serius terhadap pelanggaran-pelanggaran dengan semua UU tersebut,” tuturnya. RHT

Leave A Reply

Your email address will not be published.