Perekat Rakyat Sulteng.

Berantas Narkoba 

BNN Butuh Peran Penggiat Anti Narkoba

21

SULTENG RAYA – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Poso, sangat membutuhkan peran para penggiat anti narkoba dalam memberantas peredaran maupun penyalahgunaan narkoba.

Hal itu disampaikan Kepala BNN Poso, AKBP Sahidi dalam bimbingan teknis (Bimtek) penggiat anti Narkoba se-Kabupaten Poso, Kamis (11/4/2019) di salah satu hotel di Poso.

“Peran penggiat anti narkoba sangat penting dalam pengungkapan serta pemberantasan peredaran gelap Narkoba, dengan jalan melaporkan jika ada hal-hal yang diketahui atau hal mencurigakan terkait masalah narkoba di lingkungan sekitar,” kata AKBP Sahidi.

AKBP Sahidi menegaskan, bakal merahasiakan nama warga yang mau memberikan informasi terkait adanya tindak pidana narkotika di wilayah hukumnya. “Status pelapor sangat dirahasiakn serta dilindungi keberadaanya,” tegasnya.

Menurutnya, banyak warga yang mengetahui informasi keterlibatan narkoba disekitarnya, namun takut untuk melapor. “Banyak, mungkin ada yang tahu lalu takut melapor, tentunya kalau ada orang yang melapor memberikan informasi ke kami akan dilindungi karena ada undang-undang yang mengatur,” ucap Sahidi.

Selain penggiat anti narkoba, AKBP Sahidi juga terus memberdayakan masyarakat untuk melakukan pencegahan dengan sejumlah kegiatan positif.

Sementara, Neni Rutuna yang hadir sebagai pembicara meminta, kepada peserta yang hadir agar mendeteksi gejala penyalahgunaan narkoba dilingkungannya masing-masing. “Tentunya yang hadir disini bisa peka melihat ciri-ciri orang yang menyalahgunakan obat narkoba disekitar tempat kerjanya,” ucapnya.

Hadir dalam bimtek tersebut, para penggiat anti narkoba di lingkungan swasta dan dunia usaha, Kepala BNN Poso, AKBP Sahidi serta sejumlah pemateri masing-masing, Neni Rutuna selaku praktisi perempuan, Abdu Umar dari Dinkes Poso dan Ahmad Jodi dari BPJS Ketenagakerjaan Poso. SYM

Leave A Reply

Your email address will not be published.