Perekat Rakyat Sulteng.

Kapal Nelayan di Poso Tenggelam

83

SULTENG RAYA – Satu unit kapal INKAMINA milik kelompok nelayan di Poso, tenggelam setelah dihantam ombak di tepi pantai Kelurahan Lawanga, Kecamatan Poso Kota Utara, Jumat (12/4/2019).

Kapal bantuan INKAMINA dengan bobot mesin 30 Grosston (GT) tersebut tenggelam mencapai 90 persen, dimana badan kapal yang  muncul ke permukaan laut hanya sekitar 4 meter dari total 20 meter panjang kapal.

Meski tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian materi diperkirakan mencapai puluhan juta, mesin dan seluruh peralatan tangkap nelayan pun tidak ada yang terselamatkan.

Sekretaris Forum INKAMINA Sulawesi Tengah (Sulteng), Asra Musakkir yang dikonfirmasi Sulteng Raya melalui saluran teleponnya mengatakan, sebelum tenggelam di tepi pantai Lawanga, kapal tersebut bersandar dengan maksud untuk direhab karena mengalami kebocoran pada bagian lambung, dimana beberapa papan yang sudah lapuk dan termakan rayap.

Namun, diluar dugaan, kapal yang baru bersandar selama sepekan di dermaga itu, tiba-tiba tenggelam setelah dihantam ombak. “Yang jelas tidak ada unsur  kesengajaan atau tenggelamnya kapal tersebut, kalaupun posisinya kini sudah tenggelam, itu murni akibat kebocoran yang berasal dari papan lambung kapal yang sudah rusak atau lapuk,’’ kata Asra, Jumat (12/4/2019).

Soal upaya untuk mengangkat badan kapal, Asra mengaku, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Poso untuk secepatnya mengevakuasi dan mengangkat badan kapal dari dasar laut. Pengangkatan badan kapal sendiri akan dilakukan secara manual dengan menggunakan puluhan drum minyak kosong yang dimasukkan sedalam badan kapal yang kemudian diisi angin, setelah semua drum terisi angin maka badan kapal dengan sendirinya terangkat ke permukaan laut.

“Setelah diangkat, kapal tersebut nantinya akan kita perbaiki semua yang rusak, termasuk dinding dan lantai papan harus diganti semua, saya berharap dalam waktu dekat badan kapal sudah kita angkat, semua nelayan setempat juga sudah dihubungi untuk ikut membantu,’’ jelas Asra.

Sementara, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Poso, Yusak Mentara yang dikonfirmasi Sulteng Raya membenarkan adanya kapal INKAMINA yang tenggelam di tepi laut Poso.

Menurutnya, kapal yang tenggelam tersebut merupakan bantuan pemerintah pusat untuk nelayan di Poso melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah pada 2013. “Memang betul, saya sudah menerima laporan terkait informasi adanya kapal bantuan INKAMINA yang tenggelam, untuk itu saya sudah melakukan komunikasi kepada pemilik kapal untuk segera mengangkat dan memperbaiki kapal tersebut,’’ ujar Yusak Mentara.

Yusak menegaskan, pihaknya telah menerima instruksi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah, untuk segera mengangkat badan kapal dari dasar laut.

“Terkait masalah biaya kerusakan yang ditimbulkan hingga seluruh perbaikan kapal tersebut, nantinya sepenuhnya ditanggung oleh pihak pengelola atau pemilik kapal yang selama ini dikuasai oleh Asra Musakkir,’’ tegas Yusak Mentara. SYM

Leave A Reply

Your email address will not be published.