Perekat Rakyat Sulteng.

Mendiang Ali Rizal Binol Diberi Penghargaan Adi Prajasa

44

SULTENG RAYA – Mendiang Ali Rizal Binor mendapat penghargaan Adi Prajasa atas sumbangsih dan darma baktinya dalam kegiatan penanggulangan bencana gempa bumi; tsunami dan likuefaksi di Palu, Donggala, Sigi, Parigi Moutong (Padagimo) Sulteng pada 28 September 2018 lalu.

Penghargaan itu diberikan kepada istri almarum Ali Rizal Binol  melalui Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulawesi Tengah, Mohammad Hidayat Lamakarate yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulteng bersama perwakilan PMI Pusat, Muhammad Muas, di ruang kerja Sekdaprov Sulteng, Kamis (11/4/2019).

Sebelumnya, penyerahan penghargaan itu telah lebih dulu diterima Sekdaprov Hidayat dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Doni Monardo dalam pertemuan BNPB seluruh Indonesia di Provinsi Bali 25 Maret 2019 lalu.

Sekdaprov Sulteng, Hidayat Lamakarate mengapresiasi atas upaya Pemerintah telah memperhatikan para relawan yang bekerja tanpa pamrih untuk kemanusiaan.

“Hal ini merupakan pertama kali PMI berdiri sejak tahun 1974. Dan kepada istri Almarum Ali Rizal Binol Ketua PMI Sulawesi Tengah supaya tabah dan sabar atas kepergian Almarhum,” kata Hidayat sekaligus Ketua PMI Sulteng.

Sementara itu, pengurus PMI Pusat, Muhammad Muas menuturkan penghargaan ini merupakan sinyal bahwa PMI adalah bagian dari perjuangan tanpa pamrih yang akan di akui secara hukum oleh negara. Sehingga masyarakat mengetahui bahwa PMI telah berkontribusi kepada pemerintah.

“Untuk itu kita merasa bangga dengan apa yang dilakukan oleh negara untuk mulai memperhatikan walaupun hanya selembar kertas, insya Allah lambat laun kita mengharapkan bahwa negara memperhatikan relawan yang sedang bertugas dan meninggal itu dapat di makamkan di taman makam pahlawan,” ujar Muhammad Muas.

Sebagaimana BNPB yang telah memberikan penghargaan katanya, mengucapan terima kasih kepada mendiang Ali Rizal atas sumbangsih dan darma baktinya dalam kegiatan penanggulangan bencana gempa bumi; tsunami dan likuefaksi  di Padagimo.

Mendiang Ali Rizal Binol merupakan salah seorang warga Kota Palu yang turut serta dalam proses penanggulangan bencana.

Selain mendiang Ali Rizal Binol, juga diberikan kepada empat orang lainnya sebagai sebagai pahlawan kemanusiaan, diantaranya tiga orang berasal dari Provinsi Nusa Tenggaran Barat (NTB), dan satu orang berasal dari Bogor Provinsi Jawa Barat.

Pada kesempatan tersebut Hidayat Lamakarate, bersama H. Muhammad Muas, menyerahkan secara simbolis Alat Perlindungan Diri (APD) Onjob Training kepada perwakilan relawan PMI Kota Palu sebanyak 300 orang.RAF

Top of Form

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.