Perekat Rakyat Sulteng.

Bulog Pastikan Kebutuhan Pokok Aman Selama Ramadhan

48

SULTENG RAYA – Perusahaan Umum (Perum) Bulog Divisi Regional (Divre) Sulawesi Tengah memastikan kebutuhan pokok masyarakat di Kota Palu selama Ramadhan aman.

“Kami menyatakan siap mengamankan kebutuhan pokok masyarakat jelang Ramadhan. sejumlah bahan pokok yang ada di Bulog sudah siap di gudang untuk digelontorkan ke pasar jika harga bergejolak,” kata Kepala Bulog Divre Sulteng, Miftahul Ulum saat ditemui Sulteng Raya di Kantornya Jalan Muhammad Yamin Kota Palu, Kamis (11/4/2019).

Menurutnya, saat ini, Pemerintah Provinsi Sulteng juga telah melakukan antisipasi dini dengan mengadakan pasar murah. Dengan demikian, kata dia, daya beli masyarakat meningkat di pasar murah dan dapat menahan pasokan kebutuhan pokok di pasar.

“Sebagai mitra pemerintah saya menilai pemerintah sudah berupaya menjaga ketersediaan dengan program-programnya seperti pasar murah, apalagi saat ini ada Expo 2019 dan kami juga melapak disana untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan harga terjangkau,” ujarnya.

Untuk komoditi beras, kata dia, pihaknya terus berupaya menyerap beras dari petani lokal di sejumlah sentra serapan di Sulteng. Meski demikian, Bulog masih punya sejumlah kendala dalam hal penyerapan.

“Saat ini harus diakui daerah sentra serapan seperti Kabupaten Sigi benar-benar perlu waktu karena fasilitas pertanian rusak seperti irigasi dan lainnya sehingga untuk mencapai target masih kesulitan. Disamping itu triwulan I memang bukan musim panen, kami masih menunggu untuk optimalisasi serapan. Belum lagi harga yang harus disesuaikan dengan PSO,” ujarnya.

Diketahui, sebagai persiapan adanya gejolak harga di pasaran, kini pihak Buog Divre Sulteng telah menyediakan beras sebanyak 500 ton untuk Public Service Obligation  (PSO), yakni beras yang digelontorkan jika ada gejolak harga dan ketersediaan kurang di pasar.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan pasokan bahan pokok lainnya di gudang milik Bulog Divre Sulteng, diantaranya minyak goreng sebanyak 15.737 liter, gula pasir 1.059 ton, daging beku 6 ton dan lain sebagainya.RHT/HGA

Leave A Reply

Your email address will not be published.