Perekat Rakyat Sulteng.

OSN Tingkat Kota Palu Dimulai

130

SULTENG RAYA  – Olimpiade Sains Nasional (OSN) Sekolah Menengah Pertama tingkat Kota Palu dimulai pada Sabtu (16/3/2019) dan yang menjadi tuan rumah kali ini adalah  SMPN 11 Palu.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu, Asyar Sutiadi, menuturkan, pelaksanaan OSN merupakan evaluasi terhadap pembinaan yang dilakukan disekolah-sekolah. Maka pihaknya akan mengevaluasi kemajuan sekolah melalui OSN Tingkat Kota Palu ini. Evaluasi ini bukan akhir, tetapi merupakan penilaian terhadap proses yang dilakukan di sekolah selama ini.

“Kami Disdikbud Kota Palu sejak tahun 2017-2019 ini, berupaya mendorong peningkatan kompetensi dan kualitas para pendidik atau guru, para tenaga pendidik, serta Kepala sekolah juga pengawas. Supaya apa, supaya pemerataan kualitas pendidikan di Kota Palu bisa merata. Maka peningkatan mutu dan kompetensi pendidik itu dapat kita ukur hasilnya pada saat perlombaan ini, kita akan melihat sekolah-sekolah mana yang berhasil merebut juara, atau berhasil mendapatkan predikat yang terbaik,”tuturnya, Sabtu (16/3/2019).

Lebih lanjut, kata Ansyar, sekolah yang meraih prestasi, sudah pasti pembinaannya dilaksanakan dengan baik oleh tenaga pendidik yang berkompetesi. Beberapa tahun terakhir, sekolah-sekolah besar tidak lagi mendominasi meraih juara dalam setiap lomba, sekolah-sekolah pinggiran Kota Palu juga sedikit-demi sedikit telah menunjukan kemajuan, meskipun hanya mampu meraih masuk di lima besar pada beberapa cabang lomba.

“ Saya bersyukur sekolah-sekolah besar tidak lagi mendominasi, walaupun sekolah-sekolah pinggir ini tidak berada di posisi pertama, tetapi sudah mampu masuk di posisi lima besar. Mudah-mudahan tahun ini bisa lebih meningkat lagi, untuk bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi. Setelah lomba ini, target kami bukan lagi meraih prestasi ditingkat provinsi, karena kita sudah pasti juara di tingkat provinsi, kalau kita tidak juara ditingkat provinsi berarti ada yang salah dengan pendidikan kita di Kota Palu, kenapa karena kita ibu kota provinsi, kita punya kelengkapan sarana prasarana, kita punya guru-guru yang disebut master teacher itu, guru-guru yang memiliki pengetahuan baik,”tuturnya.

Sehingga, kata dia, target untuk peserta OSN Kota Palu yaitu meraih prestasi ditingkat nasional. Terlebih lagi, selama tiga tahun terakhir sejak masa kepemimpinan Wali Kota Palu, Hidayat, belum pernah ada laporan prestasi akademik yang ditingkat SMP secara nasional. Hal itu berbanding terbalik dengan SD, beberapa SD di Kota Palu sudah beberapa kali meraih prestasi ditingkat nasional. Contohnya, kata dia, SDN Watusampu, peserta didiknya merupakan anak dari para nelayan, tentunya  secara ekonomi terbatas, tetapi tahun ini mereka, berhasil menjadi juara dokter kecil mahir gizi tingkat nasional di Kota Malang.

Dia berharap, agar siswa yang berhasil meraih juara di OSN tingkat Kota Palu ini merupakan siswa-siswa terbaik yang dapat mengharumkan nama daerah ditingkat nasional, bahkan sampai tingkat internasional.ADK

Leave A Reply

Your email address will not be published.