Perekat Rakyat Sulteng.

Litbang Tri Media Grup Raih Gelar Doktor Predikat Cumlaude

15

SULTENG RAYA – Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Tri Media Grup, Maddukelleng, meraih gelar Doktor Ilmu Sosial BKU Sosiologi, Pascasarjana Universitas  Tadulako (Untad), dengan judul desertasi Modal Sosial Calon Independen, Studi kasus Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Donggala tahun 2013, di Aula Gedung C Pascasarjana Untad, Kamis (14/3/2019).

Maddukelleng berhasil meraih gelar doktor dengan predikat cumlaude setelah berhasil menyelesaikan studi selama tiga tahun delapan bulan lima hari, dengan perolehan nilai desertasi A.

Dalam pemapaparannya pada sidang ujian terbuka (promosi) untuk meraih gelar doktor tersebut, Maddukelleng menuturkan, kemenangan calon independen pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Donggala 2013 menjadi menarik, karena dominasi partai politik selama ini dianggap tidak bisa terkalahkan. Sebab, Parpol memiliki basis massa, memiliki struktur kelembagaan yang teratur, memiliki kekuasaan, dan memiliki modal besar. Sementara, calon independen hanya mengandalkan modal sosial.

Desertasi tersebut, kata dia, mendeskripsikan Pilkada Kabupaten Donggala 2013, menganalisis kemampuan calon independen mengelola modal sosial, dan menganalisis bagaimana peran modal sosial dalam kemenangan calon independen Kabupaten Donggala 2013.

“Dari hasil penelitian, ternyata calon independen mampu mengelola dan menata modal melalui konsep kepercayaan, jaringan sosial, dan norma sosial. Peran penting modal sosial dalam pemenangan Pilkada Kabupaten Donggala 2013 adalah, ditemukannya faktor genealogi dengan simbol “isemapa maipeapa” sebagai alat perekat sosial terutama etnis kaili. Konsekwensi peran modal sosial juga mampu medorong partisipasi masyarakat untuk memilih, modal sosial dapat mengantisipasi kampanye hitam dan politik uang dalam pilkada Kabupaten Donggala 2013,”paparnya.

Sementara itu, yang bertindak sebagai pimpinan sidang pada ujian program doktor tersebut, Prof Dr Ir H Alam Anshary M.Si, Sekretaris Dr Muhammad Nur Ali M.Si, penguji eksternal Dr Pahruddin Yambas M.Si, penguji internal Dr Muhammad Nur Alamsyah M.Si, Prof Dr H Sulaeman Mamar M.A, Dr Christian Tindjabate M.Si, dan Dr Hasan Muhammad M.Si.

Pada ucapan terimakasihnya, dia berharap pencapaian gelar doktor ini akan menumbuhkan kesadaran untuk senantiasa memberikan dan mengabdikan ilmu yang diperolehnya bagi kemaslahatan umat. Adapun hikmah dari semua ini, kata dia, semakin tinggi dan semakin mendalam ilmu yang dipelajarinya, maka semakin ia menyadari bahwa sesungguhnya  sangat sedikit ilmu yang diketahuinya. Sehingga, semakin memacu untuk terus belajar.

“Menjadi mahasiswa S3 itu tidak harus pintar, namun harus cerdas, karena semua orang cerdas itu pasti pintar, namun tidak semua orang pintar pasti cerdas. Selain itu, menjadi mahasiswa S3 itu hanya tiga kata kuncinya sabar,sabar, dan selesai,”tutupnya.ADK

Leave A Reply

Your email address will not be published.