Perekat Rakyat Sulteng.

Bawaslu Palu Sosialisasi Pengawasan Pemilu Kepada Ormas dan Media

49

SULTENG RAYA – Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Palu melaksanakan sosialisasi pengawasan Pemilu kepada Organisasi Masyarakat (Ormas) dan media massa di Tanaris Cafee, Senin (11/3/2019).

Kegiatan yang dihadiri puluhan peserta tersebut menghadirkan narasumber dari Akademisi Universitas Tadulako (Untad) DR. Asrifai, M.Ip, Ketua Bawaslu Kota Palu Ivan Yudharta  serta praktisi media Ridwan Lapasere.

Pada kesempatan itu, DR. Asrifai, M.Ip memaparkn terkait empat pokok permasalahan yakni substansi pelaksanaan pemilu, urgensi media massa dan organisasi masyarakat dalam pengawasan partisipatif, tantangan pengawasan pemilu di era 4.0 serta strategi pengawasan partisipatif pada pemilu tahun 2019.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Palu Ivan Yudharta  mengatakan bahwa pengawasan pelaksanaan pemilu harus melibatkan banyak unsur di dalamnya. Karena personil Bawaslu sangat terbatas. Olehnya, Bawaslu Kota Palu perlu catatan dan masukan dari media massa dan ormas.

Sementara itu, praktisi media, Ridwan Lapasere mengatakan bahwa dirinya tidak menampik bahwa tantangan media saat ini karena adanya intervensi dari pemilik media yang terlibat dalam politik praktis. Ditambah lagi kehadiran media sosial saat ini membuat media mainstream ditinggal oleh pembacanya. Karena masyarakat terkadang lebih memilih media sosial sebagai referensi daripada media mainstream.

Pantauan media ini, peserta sosialisasi Nampak antusias dalam mengikuti materi yang disajikan. Sosialisasi pengawasan Pemilu kepada Organisasi Masyarakat (Ormas) dan media massa dihadiri oleh puluhan peserta dari perwakilan ormas, Media massa, NGO serta perwakilan Panwascam se Kota Palu. WAN

Leave A Reply

Your email address will not be published.