Perekat Rakyat Sulteng.

Target Belum Tercapai, BKKBN Perkuat Komitmen Provider

37

SULTENG RAYA – Berbagai kegiatan telah dilakukan Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tengah untuk mewujudkan capaian target Rencana Program jangka Menengah (RPJM) 2015-2019, namun hingga akhir 2018, masih banyak yang belum mencapai target.

Sehingga, guna mengoptimalkan target RPJM BKKBN tersebut, Perwakilab BKKBN Sulteng melaksanakan kegiatan Penguatan Komitmen Provider Pascapelatihan KB Pria Vasektomi Tahun 2019 di salah satu hotel di Jalan Zebra, Senin hingga Selasa (4-5/3/2019).

Kegiatan itu melibatkan 26 peserta dari 13 Rumash Sakit Umum Daerah (RSUD) di Sulteng.

Menurut Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KB-KR), Andi Kameriah, hasil pencapaian target berdasarkan hasil survei akuntabilitas program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) tahun 2018, kepesertaan KB pria vasektoi 0,2 perse dari target 4 persen. Selai itu, angka kelahiran total masih 2,38 persen, pemakaian alat kontrasepsi 60,4 persen dan kebutuhan ber-KB tidak terpenuhi sebesar 12,4 persen.

“Dengan demikian, diperlukan strategi yang tepat dalam pelaksanaan pelayanan KB. Dan untuk peningkatan kepesertaan KB Pria, diperlukan komitmen bagi provider di kabupaten dan kota. Salah satunya melalui penguatan omitmen provider oleh Persatuan Kontrasepsi Mantap Indonesia,” kata Andi Kemariah.

Ia mengatakan, salah satu cara untuk mecapai target, setiap kabupaten dan kota harus memiliki provider yang dapat melakukan pelayanan KB pria vasektomi.

“Kalau bisa, satu RS satu provider melayani pelayan KB pria vasektomi,” tuturnya. HGA

Leave A Reply

Your email address will not be published.