Perekat Rakyat Sulteng.

KPU Palu Sosialisasi Penggunaan Kotak Suara Karton

22

SULTENG RAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu menggelar sosialisasi penggunaan kotak suara karton yang akan digunakan pada Pemilu 17 April 2019 mendatang, Rabu (9/1/2019). Sosialisasi yang dipusatkan di halaman kantor KPU Palu tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Sulawesi Tengah Tanwir Lamaming, Bawaslu Kota Palu, perwakilan Polres Palu serta pihak Kejaksaan Negeri Palu.

Pada kesempatan itu, Ketua KPU Palu Agussalim Wahid melakukan demo perakitan kotak suara serta penggunaan kotak suara karton sebelum dan sesudah proses pungut hitung suara di TPS.

Agussalim juga melakukan uji kekuatan kotak suara karton tersebut. Bahkan komisioner KPU Kota Palu, Risvirenol yang memiliki berat badan 115 Kg serta seorang wartawan Kota Palu Elwin Kandabu dengan berat badan 65 Kg menduduki kotak suara itu.

Menurut Agussalim, sosialisasi dilakukan untuk membangun kepercayaan publik terhadap penyelenggaraan pemilu. Sementara itu, Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming dalam sambutannya mengatakan bahwa sepanjang tahapan pemilu berjalan semua sudah dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Terkait dengan penggunaan kotak suara karton, Tanwir menjelaskan bahwa penggunaan kotak suara tersebut sudah dilakukan sejak Pilpres tahun 2014 dan Pilkada tahun 2015 sejak dirinya masih menjabat sebagai Ketua KPU Morowali Utara.

“Pada Pilpres tahun 2014, kami sebagian menggunakan kotak suara karton yang wujudnya agak coklat. Tahun 2015 juga kami gunakan meskipun belum ada yang transparan didepannya seperti sekarang ini. Saya masih menjabat sebagai Ketua KPU Morowali Utara pada waktu itu. Dan pada saat itu tidak terjadi masalah,”ujar Tanwir Lamaming

Dia juga memastikan bahwa keamanan kotak suara terjamin karena menggunakan kabel tis behologram KPU yang jumlahnya sangat terbatas.

“Ini Jumlah terbatas dan penggunaanya tidak sembarang, karena kabel tis ini dipesan khusus,”jelas Tanwir Lamaming.

Tanwir juga berharap agar masyarakat tidak perlu khawatir terhadap potensi-potensi kecurangan dengan memanfaatkan kotak suara berbahan karton itu.

“Yang pasti, yang lalu tidak ada msalah. Insya Allah kedepan juga tidak ada masalah dengan keberadaan kotak suara karton ini,”ujarnya. WAN

Leave A Reply

Your email address will not be published.