Perekat Rakyat Sulteng.

Penyaluran KIP Tingkat SD Berjalan Lancar

45

SULTENG RAYA – Penyaluran bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) di tingkat Sekolah Dasar (SD) Kota Palu berjalan lancar selama tahun 2018. Di tahun 2018 penyaluran bantuan dilaksanakan sebanyak tiga kali.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Yabidi, saat ditemui Sulteng Raya, Rabu (9/1/2019).

Dia menuturkan, pihaknya tidak mengetahui secara pasti berapa banyak jumlah siswa tingkat SD se Kota Palu yang memegang KIP. Sebab, pihaknya hanya memasukan data ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), sementara data siswa yang dinyatakan berhak menerima KIP diberikan langsung ke sekolah-sekolah, karena KIP merupakan program yang ditangani langsung oleh Kemendikbud.

“Yang jelas penerima KIP itu harus masuk dalam data Tim Nasional Percepatan Penangulangan Kemiskinan (TNP2K). Pada saat data penerima sudah keluar dari pusat, kita langsung beritahukan kepada sekolah masing-masing melalui operator dan kepala sekolah, agar kepala sekolah segera menyampaikan kepada orang tua melalui siswa, bahwa anaknya mendapatkan bantuan KIP, setelah itu guru yang akan mengarahkan orang tua untuk melakukan pencairan di bank mana,”jelasnya.

Dia menjelaskan, di tahun 2018 tidak ada laporan dan keluahan yang masuk di Disdikbud Kota Palu terkait penyaluran KIP. Bahkan, pada saat evaluasi akhir oleh inspektorat jendral pendidikan dan kebudayan, tidak ada disampaikan temuan terkait penyalahgunaan maupun kendala dalam penyalurakn KIP di Kota Palu. Sekadar diketahui, pada saat peninjauan pihaknya memberikan keleluasaan kepada tim untuk mengunjungi sekolah mana saja di Kota Palu.

“Pada saat mereka meninjau di Kota Palu kami mengantarkan ke sekolah-sekolah yang sesuai dengan perminataan mereka. Kami tidak mengarahkan ke sekolah mana, tetapi kami yang menawarkan bapak mau menuju ke sekolah mana, nanti kami yang antarkan. Sehingga tidak ada indikasi bahwa kami akan mengarahkan tim ke sekolah yang bagus saja. Hal ini menjadi nilai plus saja kepada kami. Bahkan, tim meminta agar ada beberapa sekolah dikumpulkan menjadi satu dan orang tua siswa penerima KIP dihadirkan, tetapi tetap saja tim tidak menemukan kejanggalan pada penyaluran KIP di Kota Palu,”ucapnya.

Dia berharap, agar di tahun 2019 lebih banyak lagi siswa yang mendapatkan bantuan program KIP di Kota Palu. Sehingga, semakin banyak keluarga pra sejahtera yang tertolong untuk mendapatkan bantuan pembiayaan pendidikan anaknya.ADK

Leave A Reply

Your email address will not be published.