Perekat Rakyat Sulteng.

Pemkab Morut Terima Kucuran Dana Rp72 Miliar

Atasi Krisis Air Bersih Kolonodale

42

SULTENG RAYA – Pemerintah Kabupaten Morowali Utara menerima alokasi anggaran dari Pemerintah Pusat untuk mengatasi krisis air bersih yang menimpa Kota Kolonodale dan sekitarnya. Dana melalui APBN ini ditaksir mencapai Rp72 Miliar pada tahun 2019.

Bupati Morowali Utara Ir Aptripel Tumimomor MT mengatakan, pembangunan fasilitas air bersih akan dipusatkan di Kota Kolonodale yang bersumber dari sungai yang ada di dusun Lambolo, Desa Ganda-ganda Kecamatan Petasia. Fasilitas umum ini untuk mengaliri dua Desa dan tiga Kelurahan dengan jumlah penduduk kurang lebih 10.000 jiwa.

Aptripel mengatakan, perlu anggaran besar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Kolonodale dan sekitarnya dikarenakan kondisi geografis yang sulit dan perbukitan ekstrim dari sumber mata air dilereng Gunung tingkat kemiringan 45-90 derajat, jarak jauh sumber mata air dengan pemukiman warga mencapai 20 kilometer.

“Anggaran sebesar itu sudah melalui perencanaan yang matang dengan target bisa memenuhi kebutuhan Desa Ganda-ganda, Kelurahan Bahoue, Bahontula, Kolonodale, Desa Korolaki hingga Desa Korololama. Memang kondisi geografis yang ekstrim membuat mahalnya ongkos pembangunannya,” ujarnya, Selasa (8/1/2019).

Ia pun mengharapkan dukungan kontraktor pelaksana nanti agar menyelesaikan instalasi air bersih ini sesuai target tanpa hambatan, dan warga desa maupun kelurahan dapat mendukung pembangunan air bersih, sehingga masyarakat dapat menggunakan manfaat air bersih untuk keseharianya.

“Air bersih sangat berharga bagi masyarakat, karena sudah ditunggu puluhan tahun oleh warga,” katanya.

Seorang Warga Kelurahan Bahontula, Vilke Baranga mengapresiasi program pemerintah yang berupaya untuk menanggulangi krisis air bersih diwilayah setempat. Sebab masyarakat Kota setempat selama ini sangat sulit mendapatkan pasokan air disebabkan sumber di hulu-hulu sungai kecil di lereng bukit Kolonodale mulai berkurang.

“Kami atas nama masyarakat sangat berterima kasih dengan program pembangunan air bersih ini, karena masyarakat sudah menunggu puluhan tahun air bersih,” jelasnya. VAN

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.