Perekat Rakyat Sulteng.

RSUD Poso Raih Akreditasi Madya Bintang Tiga

73

SULTENG RAYA – Setelah melalui proses assesment oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) pusat Jakarta yang dilaksanakan selama 5 hari yang dimulai tanggal 28 November hingga 1 Desember 2018 lalu, akhirnya  Rumah Sakit Umum Daerah Poso (RSUD) berhasil terakreditasi dengan memperoleh sertifikat Akreditasi Madya bintang tiga, terhitung mulai tanggal 31 Desember 2018 – 27 November 2021.

Menurut Direktur RSUD Poso dr. Hasmar, sertifikat akreditasi ini diperoleh setelah melalui perjuangan dan proses pembenahan yang cukup lama atas petunjuk bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu.

“Kami berani  melakukan itu, meskipun kami tahu itu tidak mudah karena begitu banyak kriteria dan faktor pendukung yang harus dipersiapkan. Tapi karena petunjuk dan dorongan bupati-wakil bupati, dan juga selalu melakukan pengawasan langsung, maka dengan kebersamaan dan dukungan semua pihak, hasil kerja keras itu kini menjadi kenyataan dengan memperoleh Sertifikat Akreditasi Madya bintang tiga ini,” urai Hasmar.

Menanggapi hal itu, Bupati Poso Kol. Mar (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu mengaku bangga atas keberhasilan yang telah dicapai oleh pihak RSUD Poso, yang dinilainya ini tidak lepas dari  keberhasilan bersama pemerintah dan seluruh  masyarakat Poso.

Hal ini dikatakan Bupati Darmin sebab sektor kesehatan menjadi salah satu  perhatian penting guna mewujudkkan visi kabupaten Poso yakni  Terwujudnya kabupaten Poso yang  damai, adil dan sejahtera didukung oleh sumber daya manusia yang handal dan bermartabat.

Karena itu, Bupati Darmin berharap agar keberhasilan  tersebut tidak membuat kita terlena atau lupa diri, tetapi justru akan menjadi pemicu semangat serta motivasi untuk terus berkarya melakukan yang terbaik bagi Bumi Sintuwu Maroso tercinta.

Selain itu, kata Bupati Darmin, bahwa sertifikat akreditasi bukanlah semata-mata tujuan, tetapi yang terpenting adalah dengan terakreditasinya RSUD  Poso maka dengan sendirinya akan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang lebih baik dengan standar pelayanan dan managemen yang telah ditetapkan.

Sebab tujuan dan manfaat akreditasi rumah sakit kata bupati antara lain untuk Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan rumah sakit yang bersangkutan karena berorientasi pada peningkatan mutu dan keselamatan pasien.  Selanjutnya, proses administrasi, biaya serta penggunaan sumber daya akan menjadi lebih efisien.

Menciptakan lingkungan internal rumah sakit yang lebih kondusif untuk penyembuhan, pengobatan dan perawatan pasien.

Menghormati hak-hak pasien serta melibatkan mereka adalah proses perawatan serta memberikan jaminan, kepuasan serta perlindungan kepada masyarakat atas pemberian pelayanan kesehatan.

Ditambahkan Darmin, selain  RSUD Poso, pemerintah daerah juga terus berupaya agar kedepan seluruh puskesmas juga bisa terakreditasi.

Ia juga berharap agar prestasi itu dapat dipertahankan dan jika mungkin terus ditingkatkan sehingga tidak mustahil kedepan bisa meraih predikat  yang lebih tinggi lagi sampai pada paripurna bintang lima. SYM

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.