Perekat Rakyat Sulteng.

Ranperda Pemberdayaan dan Perlindungan Tenaga Kerja Segera Disahkan

TUNGGU ASISTENSI GUBERNUR SULTENG

80

SULTENG RAYA – Pemerintah Kota Palu dan DPRD Kota Palu telah sepakat untuk menetapkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif DPRD tentang Pemberdayaan dan Perlindungan Tenaga Kerja. Ranperda tersebut tinggal menunggu hasil asistensi dari Gubernur Sulteng sebelum disahkan bersama-sama antara Pemkot dan DPRD.

“Ranperda tersebut yang telah disetujui bersama akan disampaikan kepada Gubernur Sulawesi Tengah untuk mendapatkan nomor registrasi Perda sebelum diundangkan. Hal ini sebagaimana diamanatkan dalam pasal 119 Perpres nomor 87 tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan undang-undang nomor 12 tahun 2011 tentang pembentukan perundang-undangan,”ujar Sekretaris Daerah Kota Palu Asri saat membacakan pandangan akhir Walikota Palu tentang ranperda Pemberdayaan dan Perlindungan Tenaga Kerja pada rapat paripurna DPRD Kota Palu, Jumat (4/1/2019).

Menurut Asri, dalam pembangunan daerah Kota Palu, tanaga kerja lokal memiliki peranan dan kedudukan yang sangat penting sebagai modal dasar pelaku dan tujuan pembangunan. Untuk meningkatkan peranan tenaga kerja lokal, perlu dilakukan perlindungan tenaga kerja lokal secara menyeluruh dan terpadu yang meliputi pemberdayaan, penempatan tenaga kerja, perluasan kesempatan kerja, pembinaan dan pengawasan guna meningkatkan produktivitas, daya saing dan kesejahteraan masyarakat di Kota Palu.

“Setelah ranperda ini diundangkan, pemerintah Kota Palu dan DPRD diharapkan memberikan sosialisasi kepada pemberi kerja dan masyarakat Kota Palu terhadap isi materi dan muatan Perda ini,”ujarnya.

Pada kesempatan itu, Asri juga mengucapkan terima kasih kepada pihak DPRD yang telah berjuang membahas ranperda tersebut mulai dari pembahahasan ditingkat Bapem Perda hingga pembahasan pada tingkat panitia khusus.

“Ucapan terima kasih juga saya ucapkan kepada fraksi-fraksi yang telah menyetujui ranperda tersebut untuk ditetapkan menjadi peraturan daerah,”ujarnya. WAN

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.